PKK dan Tim Percepatan Penurunan Stunting Sasar Wilayah Gorontalo Utara

  • Whatsapp
PKK dan Tim Percepatan Penurunan Stunting Sasar Wilayah Gorontalo Utara
Ketua TP-PKK Provinsi Gorontalo, Gamaria Monoarfa memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (18/8/2022). Foto: Vivi.

60DTK.COM – Tim Penggerak PKK dan Tim Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Gorontalo menyasar wilayah Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (18/8/2022).

Kunjungan ini di awali Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Daerah Gorontalo Utara. Kemudian mengunjungi dua desa yang terdampak stunting yakni Desa Ilangata dan Oyile.

Bacaan Lainnya

Ketua TP-PKK Provinsi Gorontalo, Gamaria Monoarfa mengatakan penyakit stunting memang cukup sulit untuk diturunkan, banyak faktor-faktor yang turut mempengaruhi.

“Saya hanya menginginkan kita harus bisa menurunkan ini, kita bersama-sama dengan dinas kesehatan dan teman-teman Pemda Gorut,” jelas Gamaria.

Gamaria menyarankan, ada tiga cara yang bisa diadopsi dari Profesor Damayanti, ahli nutrisi dan penyakit metabolik di RSCM. Pertama adalah pemantauan status gizi yang benar dengan cara menimbang anak.

Kedua, melaksanakan tata laksana rujukan berjenjang mulai dari posyandu, puskesmas dan RSUD. Ketiga, mengintervensi gizi dengan pola makan berbasis protein hewani.

“Saya pikir cara menimbang anak kita kurang tepat. Seperti menimbang anak 0 – 3 tahun itu berbeda. Berbeda 0,5 persen itu dapat memengaruhi ke angka timbangan,” ungkap Gamaria.

“Kita harus punya data yang benar, yang dapat kita pertanggung jawabkan. Kemudian, yang menentukan anak ini stunting atau tidak, itu harus dokter spesialis anak,” sambungnya.

Penurunan angka stunting di Gorontalo Utara dilakukan dengan cara terpadu, dengan mendatangkan dokter-dokter ahli dan juga lintas sektor.

Gamaria berkeinginan, seluruh stake holder melakukan terobosan untuk bagaimana percepatan stunting dapat berlangsung dengan segera mungkin. (ksm/rls)

Pos terkait