PT. Petrokimia Gresik Bantu Tingkatkan Produktivitas Jagung Gorontalo

60DTK, Gorontalo – Dalam hal mendukung dan meningkatkan produktivitas pertanian di Gorontalo, PT.Petrokimia Gresik ikut berkontribusi melalui penyediaan pupuk berkualitas tinggi.

Pupuk berkualitas tentu saja hasil dari pertanian akan semakin berkualitas. Seperti pupuk yang diproduksi oleh PT Petrokimia Gresik produksi yaitu pupuk Phonska. Pupuk yang tercampur beberapa unsur ini mampu memberikan peningkatan produksi pertanian, khususnya jagung.

Hal itu tentu saja dibuktikan dengan Demontration Plot yang dikembangkan oleh PT Petrokimia Gresik bersama kelompok Tani yang ada di Desa Tolotio, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. Saat ini sudah  Produksi jagung yang mencapai 12,5 ton/hektar.

Baca Juga: Kementan RI Apresiasi Ekpor Jagung Ke Filipina Oleh Provinsi Gorontalo

Wakil ketua DPR RI, Rachmad Gobel, menjelaskan, ia membuktikan dengan adanya pupuk yang non subsidi ini mampu menghasilkan jagung 12 Ton, dibandingkan dengan produksi jagung yang menggunakan pupuk subsidi yang hasilnya hanya kurang lebih dari 5 Ton setiap panen.

Jagung Gaga
Jagung di di Desa Tolotio, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo. (Foto: 60dtk.com)

“Visi kita adalah memberikan solusi Agroindustri supaya produktivitas bisa naik, dan pertanian berkelanjutan, jadi itu yang kita buktikan disini, ini tidak pakai subsidi, seluruhnya adalah pupuk non subsidi, dan dengan jagung 12 Ton, maka lebih untung,” ungkap Rachmad, Sabtu (4/07/2020).

Baca Juga: Masyarakat Pohuwato Terima Benih Jagung Dari Pemprov Gorontalo

Sehingga ia menegaskan tujuan utama adalah bagaimana memperkuat ketahanan nasional dengan meningkatkan produktivitas jagung. Ini juga kata Rachmad tidak lain adalah tujuannya menyejahterakan para petani.

“Pangan adalah kunci dari ketahanan nasional, jadi di pagi hari ini kita buktikan, kita bisa meningkatkan produktivitas jagung dua kali lipat yang dilakukan masyarakat, ini artinya masyarakat bisa sejahtera,” tutupnya.

Diketahui selain Wakil Ketua DPR RI, Rachmad Gobel, proses panen jagung ini juga dihadiri Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi, dan Direktur Utama Petrokimia Kayaku, Anis Ernani, serta Turut hadir Danrem 133/Nani Wartabone, Kolonel Czi Bagus Antonov Hardito, Kapolda Gorontalo yang diwakili Kabid Humas Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, serta tokoh masyarakat, Rustam Akili.

 

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles