PUPR Gorontalo Buka Akses Jalan Pertanian di Kabgor

60DTK – Gorontalo: Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo, telah melakukan pembukaan akses jalan usaha pertanian dibeberapa desa yang ada di Kabupaten Gorontalo, untuk menjangkau masyarakat yang berada di pelosok – pelosok desa.

Kepala Bidang Cipta Karya Yuliana Rivai yang ikut mendampingi Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto mengatakan, bahwa mereka telah melakukan peninjauan ke sejumlah pekerjaan jalan usaha tani, yang saat ini sementara dalam proses pekerjaan di kabupaten Gorontalo.

BACA: Tindaklanjut Rapat TKPRD, PUPR Tinjau Lokasi Yang Direkomendasikan

“Kemarin kami bersama kepala dinas, sudah meninjau sejumlah pekerjaan pembangunan jalan akses pertanian yang berada di Desa Ulapato A, Desa Ulapato B dan terakhir yang berada di Desa Botumoputi”, kata Yuliana Rivai saat diwawancarai, Rabu (21/08).

Selain untuk memonitoring pekerjaan – pekerjaan yang sementara berlangsung, Kepala Bidang Cipta Karya itu juga menjelaskan, tujuan dari peninjauan tersebut untuk mencarikan solusi dari kendala – kendala yang ada saat proses pekerjaan dilokasi.

BACA: Dinas PUPR Tinjau Langsung Pamsimas Bonebol

Kita ingin melihat dan memonitoring sejauh mana progres kegiatan di lapangan, apakah sesuai dengan schedule yang dibuat dan laporan yang masuk.

“Terus kita juga mau melihat apakah ada hal – hal permasalahan atau yang perlu diperbaiki dilokasi pekerjaan agar kita bisa langsung kasih solusinya”, urai Kabid Cipta Karya.

BACA: Sukses, Program BSPS Kabgor Diapresiasi Kementerian PUPR

Yuliana Rivai juga memaparkan, sejumlah pekerjaan jalan usaha tani yang berada di Kabupaten Gorontalo itu menggunakan APBD yang berada pada Dinas PUPR Provinsi Gorontalo.

Di Desa Ulapato A yang panjangnya 1.015 Meter, lebar lima meter dengan anggaran sebesar Rp. 210 Juta, pekerjaan jalan usaha tani desa Ulapato B panjang 527 Meter dan lebar lima meter dengan anggaran sebesar Rp.223 Juta.

BACA: Komisi III DPRD Gorontalo Konsultasi Program PISEW Ke Kementerian PUPR

Sedangkan untuk pekerjaan jalan usaha tani di Desa Botumoputi dikerjakan dengan Swakelola, panjang jalan yang dikerjakan 2.600 Meter dan lebar lima meter dengan anggaran sebesar Rp. 1 Miliar.

“Alhamdulillah, setelah kami melakukan peninjauan semuanya sesuai progres dan laporan dan kemarin juga pak kadis juga sudah memberikan beberapa solusi untuk pekerjaan agar tepat sasaran, tepat mutu dan tepat kualitas”, imbuhnya.

BACA: Tingkatkan Kualitas Tata Ruang, PUPR Kabgor Gelar Rapat Revisi

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Handoyo Sugiharto berharap, dengan telah dibukanya beberapa ruas jalan usaha tani tersebut, bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ada di pedesaan.

“Semoga dengan adanya pembukaan jalan usaha pertanian ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ada dipedesaan. Karena pembangunan infrastruktur yang unggul, berkualitas dan merata hingga kepelosok desa, merupakan visi dan misi dari Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo”, ujar Handoyo. (rls/adv)