Rusli Habibie Minta Pasien Covid-19 Dikarantina oleh Pemerintah Daerah

60DTK, Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta agar proses karantina Pasien Covid-19 menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota. Rusli menilai, karantina mandiri tidak efektif bagi pasien tanpa gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

Hal demikian dikatakan Rusli saat memberikan sambutan pada penyerahan bantuan bagi korban kebakaran di Desa Dulohupa, Kecamatan Wonosari, Boalemo, Sabtu (26/9/2020).

“Kemarin sempat kita sepakati untuk karantina mandiri, tapi ini tidak efektif. Dia OTG sehingga keluar ke mana bawa virus dan berpotensi menularkan ke orang lain. Makanya saya putuskan kemarin harus dikarantina tanggungjawab pemerintah,” jelas Rusli.

Rusli berharap karantina terpadu oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, bisa meningkatkan tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi Covid-19. Selain terpisah dari orang sehat, pasien positif mudah diintervensi dengan obat dan makanan yang bergizi.

“Karantina tanggungjawab pemerintah bisa kita awasi. Obat dan makanan semuanya ada. Ada tim medis juga yang merawat,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, Rusli juga menyosialisasikan pencegahan dan penanganan Covid-19. Ia meminta warga untuk tidak lelah menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak. (adv/rls)