Saipul Mbuinga Tegaskan Pemda Pohuwato Fokus Pada Penanganan Stunting

  • Whatsapp
Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga saat mengukuhkan tim percepatan penurunan stunting di Pohuwato, Rabu (8/06/2022). (Foto: Humas Pemda Pohuwato)

60DTK, Pohuwato – Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menghadiri rapat koordinasi lintas sektor yang dirangkaian dengan pengukuhan tim percepatan penurunan stunting tingkat Kabupaten Pohuwato yang berlangsung di Aula Kantor Camat Dengilo, Rabu (8/6/2022).

Dalam pengukuhan yang diikuti oleh seluruh camat sebagai Ketua TPPS kecamatan itu, Saipul Mbuinga juga tak lupa membacakan pernyataan komitmen Pemda Pohuwato dalam rangka percepatan penurunan stunting yang ada di Kabupaten Pohuwato.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Pernyataan komitmen yang memuat tentang pendampingan konseling dan pemeriksaan kesehatan tiga bulan pranikah itu kemudian diditandatangani oleh pemda dan sejumlah pemangku kepentingan.

Tujuannya adalah untuk mencegah stunting dari hulu oleh Kadis Kesehatan, Kadis P3AP2KB, Kakan Kemenag, KUA se-Pohuwato, camat se-Pohuwato, serta dari unsur BKKBN Provinsi Gorontalo.

Saipul menekankan, salah satu fokus Pemda Pohuwato saat ini adalah pencegahan stunting, karena upaya ini bertujuan agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dalam rangka mempersiapkan generasi emas 2045.

“Penanganan kasus stunting sangat membutuhkan perhatian serta kerja sama lintas sektor melalui kolaborasi dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap bahaya stunting. Oleh karena itu, tim yang sudah dibentuk ini kiranya dapat bekerja maksimal dalam rangka menurunkan angka stunting di Pohuwato,” harapnya.

Kepada TPPS, Saipul menekankan untuk melaksanakan pendampingan keluarga sebagai upaya percepatan penurunan stunting hingga di tingkat desa dan kelurahan. Ia juga berjanji akan mendukung TPPS tersebut dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Penekanan itu juga sebelumnya disampaikan oleh Kepala DP3AP2KB, Hamkawaty Mbuinga yang melaporkan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk menganalisis sebaran stunting yang terjadi di Kabupaten Pohuwato dan terintegrasinya percepatan penurunan angka stunting di Pohuwato. (adv)

 

Pewarta: Efendi Hasan

Pos terkait