Talumelito Akan Jadi Pusat Tumbilotohe Kabgor!

60DTK-KABGOR – Menyandang status sebagai Desa Konservasi Budaya, Desa Talumelito yang terletak di Kecamatan Telaga Biru, dipilih menjadi pusat penyelenggaraan Festival Tumbilotohe Ramadan 1440 H, di Kabupaten Gorontalo.

Kepastian lokasi tersebut diungkapkan oleh Kabid Pariwisata Kabupaten Gorontalo, Romy A. Isa, saat ditemui awak media, Jum’at (24/5/2019).

“Untuk Kabupaten Gorontalo, tahun ini pusat tumbilotohe itu kita pusatkan di Desa Konservasi Budaya, Talumelito,” ungkap Romy.

Baca juga : Festival Tumbilotohe, Padamala, Tonggoloopo Dan Alikusu Punya Nilai Tinggi

Terkait alasan dipilihnya Desa Talumelito, Romy menjelaskan bahwa hal tersebut tidak lepas dari tumbilotohe yang merupakan budaya di Gorontalo.

“Induk – induk budaya Gorontalo bisa kita temui di sana. Contoh, rumah yang mempunyai alikusu, tonggoloopo, serta pohon budaya seperti bunga polohungo, tondulungo yang digunakan dalam pasang lampu itu ada semuanya di sana,” jelas Romy panjang lebar.

Adapun Festival Tumbilotohe sebagai rangkaian kegiatan semarak ramadan 1440 H di Gorontalo ini akan berlangsung pada tanggal 1 hinga 4 Juni 2019.

 

 

Pewarta : Andrianto Sanga
Editor : Nikhen Mokoginta

QR Code

Comments are closed.