Tangani Banjir di Gorontalo, Perbaikan Hulu dan Hilir jadi Perioritas Gubernur

60DTK, Gorontalo – Untuk menangani banjir yang akhir-akhir ini melanda Gorontalo, Gubernur Rusli Habibie akan memperioritaskan perbaikan hulu dan hilir sebelum mengerjakan tindakan-tindakan lainnya, seperti pembangunan Rumah Susun (Rusun) bagi warga yang terdampak banjir.

“Yang utama adalah, kita perioritaskan dulu memperbaiki hulu dan hilir. Di mana juga hulunya harus dibuatkan waduk,” kata Rusli kepada wartawan saat berada di Rumah Dinas Gubernur Gorontalo, Jumat (31/7/2020).

Terkait dengan Rusun, Rusli sudah menyampaikan relokasi tempat untuk warga yang tinggal di bantaran sungai kepada dua kementerian sekaligus yakni PUPR dan Bappenas.

“Beliau (Menteri Bappenas) mintakan lokasi barunya di mana. Kita akan ajak masyarakat yang punya rumah di bantaran sungai, akan coba kita pindahkan,” ujar Rusli.

“Kemarin juga saya ketemu BNPB untuk segera mengajukan proposal pengajuan bantuan untuk perbaikan infrastruktur yang rusak karena bencana alam tadi,” tambahnya.

Sementara itu lanjut Rusli, untuk lokasi pembangunan Rusun pihaknya akan mencoba menyiapkannya. Sedangkan untuk pembangunannya, ia akan bermohon ke pemerintah pusat lewat dua kementerian terkait di atas.

“Lokasinya sementara akan kita diskusikan dengan Pak Walikota. Karena memang lokasinya paling banyak berada di Kota Gorontalo,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Rusli juga mengingatkan agar tidak ada lagi pengrusakan alam seperti hutan yang akan berdampak buruk bagi masyarakat. (adv)

Penulis: Kasim Amir