Terkait Sampah, Ini Permintaan DLH Gorut ke Mahasiswa KKN UNG

60DTK, Gorontalo Utara – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Gorontalo yang sedang turun di beberapa wilayah di Gorontalo Utara khususnya di Kecamatan Monano, diharapkan bisa membuat satu tempat sampah sederhana di depan rumah masyarakat.

Hal itu sebagaimana yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Tamrin Sirajuddin, bahwa pembuatan tempat sampah yang direncanakan oleh mahasiswa di satu titik dinilai tidak akan efektif.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Tamrin Sirajuddin saat diwawancarai awak media, Kamis (14/10/2021). (Foto: Istimewa)

“Sehingga saran saya untuk membangun tempat sampah atau bak sampah, kalau bisa dibuat di rumah masing-masing secara sederhana saja,” ujar Tamrin, Kamis (14/10/2021).

expo

Menurut Tamrin, jika nantinya pembangunan bak sampah difokuskan di satu titik saja, justru akan terjadi penumpukan sampah yang imbasnya dirasakan oleh masyarakat di wilayah itu sendiri.

“Kalau tidak dikelola, semua masyarakat di satu kampung, bahkan dari kampung sebelah pasti akan membuang sampah di tempat itu, dan pasti sampah yang dibuang di tempat itu ada berbagai macam sampah, sehingga akan terjadi penumpukan apalagi akan mencemari udara di sekitarnya,” jelasnya.

Akibatnya, bak sampah yang sudah dengan susah payah dibangun akan dibongkar kembali. Dengan kata lain, apa yang menjadi upaya dari mahasiswa tidak dapat berjalan ataupun bertahan lama.

“Akhirnya apa yang kalian bangun dengan susah payah itu akan dibongkar dan hal itu sudah sering kali terjadi, sehingga akan lebih bagus jika kalian mahasiswa membuat tempat sampah secara sederhana di depan rumah masyarakat, itu lebih efektif untuk mengurangi penumpukan,” tegas Tamrin. (adv) 

 

Pewarta: Usman Dai

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles