12 ODGJ di RS Tombulilato Akan Ikut Mencoblos

60DTK-BONEBOLANGO – Dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar esok, 17 April 2019, ada 12 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Umum (RSU) Tombulilato Bone Bolango yang dipastikan akan menggunakan hak suaranya. Bahkan, beberapa perawat disiagakan khusus untuk mengawal para ODGJ ini ketika mencoblos nanti.

Rencananya, tempat para ODGJ akan memilih tidak akan digabung di TPS – TPS untuk para pemilih umum, namun mereka akan tetap di RSU Tombulilato dengan memanfaatkan fasilitas TPS keliling.

Baca juga : Jelang Pemilu, RS Aloei Saboe Siapkan Kamar Khusus Caleg Stres

Direktur RSU Tombulilato Bonebolango, dr. Milyadi Maksum mengungkapkan, sebenarnya jumlah pasien sakit jiwa yang ada di RSU Tombulilato berjumlah hingga 21 orang. Namun dari total tersebut, hanya ada 12 orang pasien yang mendapatkan rekomendasi dari dokter spesialis untuk mencoblos pada pemilu esok. Sedangkan, sembilan orang tidak mendapatkan rekomendasi.

“Hal ini karena sembilan pasien tersebut masih membutuhkan penanganan khusus karena masih sering anfal,” jelas dr. Milyadi.

dr. Mulyadi melanjutkan, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, nantinya pihak RSU Tombulilato juga akan siaga dengan menyiapkan perawat untuk mendampingi dan mengawasi para ODGJ ini saat melakukan pencoblosan.

“Saya berharap untuk pelaksanaan pemilu bagi ODGJ di RSU Tombulilato ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Kami sudah siapkan perawat khusus mendampingi mereka,”pungkas dr. Milyadi. (rls)

 

Sumber : Hulondalo.id

Comments are closed.