53 Kepala Keluarga di Desa Libungo Alami Krisis Air Bersih

  • Whatsapp
Capt: BPBD Bonebol saat mendistribusikan air bersih di rumah-rumah warga yang mengalami krisis air bersih di Dusun III Desa Libungo Kecamatan Suwawa Selatan, Selasa (26/02/2019). Foto : dok. BPBD Bonebol

60DTK – Bonebolango: Menurunnya debit air sepanjang bulan Februari 2019 di Dusun III Desa Libungo Kecamatan Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango, menyebabkan 53 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 112 jiwa di wilayah itu mengalami krisis air bersih.

Kesulitan air bersih yang dialami Dusun III itu pun, ditanggapi serius oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bonebolango. Setelah mendapat laporan dari pemerintah desa setempat, BPBD Bonebol pun langsung mendistribusikan air bersih menggunakan mobil tangki BPBD.

Kepala Pelaksana BPBD Bonebol Gagarin Hunawa melalui Sekretaris BPBD Usman Yunus mengatakan, sejak menerima laporan dari Pemerintah Desa Libungo setiap hari pihaknya memasok air bersih sebanyak 10 ribu liter, yakni pagi 5 ribu liter dan sore hari 5 ribu liter.

Sejak dua minggu terakhir ini, BPBD intens mengirimkan air bersih melalui mobil tangki BPBD ke rumah – rumah warga.“Kita menyalurkan ke rumah-rumah warga. Mereka sudah menyiapkan tempat penampungan air seperti tong, drum, jerigen dan ember,” kata Usman, Selasa (26/2/2019).

Usman mengungkapkan, air sebanyak itu diharapkan dapat meringankan beban warga di dusun itu untuk mendapat pasokan air bersih. Pihaknya berjanji kiriman air bersih akan dilakukan sampai debit air normal kembali.

“Kita akan suplay air bersih setiap hari dan itu kita lakukan sampai debit airnya normal kembali. Sehingga, warga tidak lagi kesulitan air untuk kebutuhan memasak dan MCK, yakni mandi, cuci, dan kakus,”jelas Usman Yunus.

Ia menambahkan, jika masih ada warga yang kekurangan air bersih, pihaknya mengimbau kepada warga untuk segera melapor dan mengajukan permohonan melalui Kepala Desa. Sehingga, bisa langsung disalurkan air bersih ke wilayah yang mengalami krisis air bersih. (rls/rds)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan