Menelusuri Jejak Benteng Nassau di Kota Gorontalo

60DTK –  Gorontalo : Teka –  teki mengenai bekas bangunan Benteng Nassau yang terletak di Kota Gorontalo, secara perlahan mulai terjawab.

Balai Arkeologi Sulawesi Utara untuk sementara menyimpulkan, letak bangunan bersejarah itu berada di lokasi Asrama Polisi (Aspol) Polres Kota Gorontalo. Temuan tersebut dipastikan setelah melewati penelitian yang cukup panjang sejak Tahun 2018 kemarin.

Hal di atas disampaikan oleh Ketua Tim Peneliti Irfanuddin Wahid Marzuki melalui Konferensi Pers di Rumah Kopi Pertiwi Kota Gorontalo, Minggu malam (15/4/2019).

“Lokasi Benteng Nassau (Niuew Nassau) dipastikan berada dilokasi Aspol Polres Kota Gorontalo,” ungkap Marzuki.

Menurutnya, hal ini diperkuat dengan beberapa bukti sejarah, gambar, foto hingga arsip kolonial yang telah mereka kumpulkan serta melihat keadaan dan kondisi saat ini.

Marzuki juga menjelaskan,  Benteng Nassau yang hilang dan tidak meninggalkan bekas itu diakibatkan oleh dua hal yakni; bencana alam hingga usia benteng itu sendiri.

“Kemungkinan Benteng Nassau ini rusak diakibatkan oleh bencana seperti banjir, tsunami atau bisa saja usia benteng,” ujarnya.

Sayangnya, meski lokasi benteng yang tidak banyak diketahui masyarakat Gorontalo itu telah ditemukan, namun untuk melacak dan merekonstruksi benteng Nassau sudah tidak memungkinkan.

“Kerena keadaan sekarang lokasi tersebut sudah penuh dengan rumah dan juga bangunan yang dilakukan oleh pihak Polresta,” tutup Marzuki.

Penulis : Andrianto Sanga

Editor    : Kasim A. 

Comments are closed.