Ada Anjing Rabies, Masyarakat Diimbau Tak Takut Beraktivitas

60DTK-KABGOR – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo (Kabgor), Femmy Wati Umar mengimbau masyarakat khususnya di Kecamatan Limboto untuk tidak perlu takut beraktivitas setelah kejadian 9 warga yang digigit anjing liar.

Sebab, kata Femmy, setelah kejadian itu pihaknya telah merencanakan serangkaian tindakan, di antaranya berupa pemberian vaksin bagi anjing liar maupun anjing peliharaan yang ada di Ibu Kota Kabgor tersebut.

Baca juga : 9 Warga Limboto Digigit Anjing, Satu Anjing Di Antaranya Positif Rabies

“Secara berkala sampai akhir bulan ini kita melakukan vaksin terhadap seluruh ternak anjing liar maupun peliharaan hingga wabah rabies itu bisa diperkecil,” kata Femmy saat ditemui di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabgor, Senin (24/06/2019) sore.

Femmy juga mengatakan, masyarakat hanya perlu waspada terhadap anjing yang ada di sekitar. Menurutnya, anjing yang mengidap rabies mudah untuk diketahui hanya dengan melihat perilaku anjing. Karena anjing yang telah terjangkit rabies akan berlari ke sana ke mari tanpa arah.

“Di Limboto sendiri, dalam kurun waktu yang cukup panjang baru kali ini lagi terjadi,” ungkap Femmy.

Femmy pun mengajak masyarakat pada umumnya untuk dapat bekerja sama dengan pihaknya untuk mencegah wabah rabies ini.

“Jika menemui anjing liar yang diduga rabies, masyarakat bisa memberikan informasi pada kami. Nanti kami yang akan memberikan vaksin,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Ia juga menjelaskan bila ada masyarakat yang memelihara anjing, dan ingin diberi vaksin, bisa langsung datang dan melapor pada pihaknya.

“Kami tetap memberikan vaksin, dan itu gratis,” tukasnya.

 

 

 

Pewarta : Andrianto Sanga
Editor : Nikhen Mokoginta

Comments are closed.