Di Usia 18 Tahun, Angka Melek Huruf Gorontalo Sudah Mencapai 99,84 %.

Angka Melek Huruf (AMH)

60DTK – DAERAH : Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, memberikan perhatian lebih kepada masyarakat Gorontalo khususnya remaja, terhadap kepedulian mereka untuk membaca.

Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Dikbudpora Provinsi Gorontalo  mencatat, Angka Melek Huruf (AMH) Gorontalo menunjukan hal positif dari setiap tahunnya.  Proporsi penduduk AMH sendiri berkisar pada usia 15 tahun ke atas.

Data pada Dikbudpora, Angka Melek Huruf di Gorontalo dari tahun 2012 mencapai 95%, dan pada tahun 2017 kemarin mencapai 99,84%.

Kurva trend ini menunjukan AMH Gorontalo mengalami kenaikan sebesar 4.84%. dan akan terus diupayakan naik dengan berbagai kegiatan penunujang untuk mencapai hasil maksimal.

Kepala Dinas DIkbudpora Provinsi Gorontalo Ramlah Habibi S.Pd, MM mengatakan, pencapaian Provinsi Gorontalo pada peningkatan Melek Huruf di kalangan remaja mengalami kenaikan yang signifikan.

“keterlibatan semua pihak yang menjadikan angka melek huruf di Gorontalo semakin baik” ujarnya saat di wawancarai reporter 60dtk.com di kantor. Jumat, (7/12/2018).

Ramlah pun menilai, trend positif seperti melek huruf harus dipertahankan. Karena upaya kemajuan daerah juga bisa dilihat dari kesadaran masyarakat terhadap sadar membaca dan menulis.

“Angka Melek Huruf yang dicapai saat ini masih akan kami kembangkan, dan Dikbudpora sendiri masih berupaya untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan itu sementara kami optimalkan.” Imbuhnya. (rds/zm)