Antisipasi Banjir, Pemkab Gorut Akan Mulai Normalisasi Sungai

  • Whatsapp
Thariq Modanggu Ajak Siswa di Gorontalo Utara Berkreasi
Wakil Bupati Gororntalo Utara, Thariq Modanggu. (Foto: dok. 60dtk)

60DTK, Gorontalo Utara – Dalam mengantisipasi bencana banjir yang sering kali terjadi di beberapa wilayah yang ada di Gorontalo Utara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara (Gorut) akan melakukan tindakan normalisasi sungai.

Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu menyampaikan, normalisasi sungai yang sudah direncanakan tersebut akan dimulai dari wilayah Anggrek.

Bacaan Lainnya
Thariq Apresiasi OPD yang Realisasi Program Capai Target
Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq ModangguPemerintahan Kabupaten Gorontalo Utara. (Foto: dok. 60dtk)

“Kita akan memprioritaskan Kecamatan Anggrek, karena di wilayah itu sudah sangat mendesak, karena di situ juga ada muara yang menjadi penyebab banjir,” jelas Thariq, Selasa (30/11/3021).

Untuk mendukung hal tersebut, dirinya juga telah memerintahkan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk secepatnya menyurati Pemerintah Provinsi guna mempercepat proses normalisasi sungai itu.

“Dalam percepatan (normalisasi sungai) ini saya akan meminta Dinas Lingkungan Hidup agar menyurati Gubernur Gorontalo dalam rangka pinjam pakai kawasan, karena di bawah lima hektare itu kewenangan dari Gubernur,” jelasnya.

Selain itu, orang nomor dua di Gorontalo Utara itu meminta pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gorontalo Utara untuk kembali melakukan peninjauan terhadap setiap dokumen banjir yang bertujuan untuk menjadi satu rujukan bagi Pemkab Gorut.

“Karena dokumen yang ada sekarang ini sudah tidak kondusif lagi dalam rangka penanggulangan banjir dan masalahnya juga setiap daerah berbeda-beda,” tegas Thariq. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait