Baznas Kota Gorontalo Diminta Tingkatkan Kinerja

  • Whatsapp
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha didampingi Wakil Wali Kota, Ryan F. Kono bersama pengurus Baznas Kota Gorontalo periode 2022--2027. (Foto: Humas)

60DTK, Kota Gorontalo – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Gorontalo diminta meningkatkan kinerja di waktu yang akan datang. Sebabnya, peran lembaga pemerintah nonstruktural dan di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) itu begitu penting dalam pengelolaan zakat.

Permintaan tersebut disampaikan Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat melantik pengurus Baznas Kota Gorontalo periode 2022–2027 di Rumah Dinas Wali Kota Gorontalo, Jumat (3/06/2022).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Dengan dilantiknya pengurus yang baru ini, kami berharap kinerja Baznas lebih ditingkatkan lagi sehingga keberadaannya benar-benar bisa dirasakan masyarakat,” pinta Marten.

Ia mengingatkan, Baznas menjadi instrumen penting dalam melakukan efektifitas dan efisiensi zakat yang dikeluarkan masyarakat. Selain itu, pengelolaan zakat harus bisa memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat.

Marten menambahkan, ada empat hal yang bisa membuat kinerja Baznas Kota Gorontalo semakin baik. Pertama, lembaga ini harus bekerja sesuai regulasi yang tertuang dalam undang-undang (UU), peraturan pemerintah (PP), instruksi presiden (Inpres), hingga aturan yang dikeluarkan oleh Baznas itu sendiri.

Kedua, para pengurus Baznas Kota Gorontalo harus bekerja maksimal dan menjadi koordinator dalam pengumpulan zakat. Ketiga, Kemenag setempat harus membantu Baznas dalam membuat gerakan sadar zakat. Ke empat, pemerintah daerah harus memberikan perhatian, baik dari segi fasilitas sampai kesejahteraan para pengurus.

“Mudah-mudahan pengurus baru ini dapat bekerja profesional, bisa membuat pengelolaan zakat lebih maksimal serta penuh inovasi,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait