Bekraf : Ekonomi Kreatif Berbasis IT Harus Dikembangkan

60DTK-GORONTALO – Guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pelaku ekonomi kreatif, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia melaksanakan Developer Day bagi para pegiat startup, khususnya yang bergerak dalam subsektor aplikasi dan game, Sabtu (6/4/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Damhil Kota Gorontalo ini, melibatkan ratusan anak muda yang ingin mengembangkan ekonomi kreatif lewat Informasi dan Teknologi (IT) di Gorontalo, dengan tujuan untuk membangkitkan ekonomi yang berbasis digital.

“Developer Day di Gorontalo ini adalah kegiatan kedua kami. Sebelumnya audah dilaksanakan di Bandar Lampung, dan setelah ini akan ada Bekraf Day di kota-kota lain juga,” ungkap Ahmad Rektomo, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Bekraf, pada saat melakukan konferensi pers bersama media.

Dengan adanya kegiatan Developer Day ini, Rekotomo mengharapkan para pelaku ekonomi kreatif dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan ekonomi saat ini.

“Agar developer Indonesia dapat berkompetisi dengan developer lain, baik itu regional dan mancanegara, maka developer Indonesia harus bisa menjalin hubungan dengan para pegiat industri digital yang ada,” jelasnya.

Sementara, salah satu mahasiswa Jurusan Geofisika Universitas Negeri Gorontalo, Faizal Adi mengungkapkan, acara Bekraf tersebut sangat menarik karena banyak informasi yang dibutuhkan oleh pelaku ekonomi kreatif di bidang teknologi, baik yang baru mau merintis ataupun sudah mulai berjalan.

Karenanya, Developer Day ini bagi Faizal perlu dipublikasikan lebih luas lagi kepada masyarakat Gorontalo.

“Karena pelaku ekonomi kreatif di sektor IT tersebut dari dua atau tiga tahun kebelakang sudah mulai banyak, maka Developer Day ini sangat bermanfaat baik dari segi produksi maupun penjualan,” ungkap Faizal ketika diwawancarai pada saat coffe break sedang berlangsung.

Pewarta : Fajar Adiputra
Editor : Nikhen Mokoginta