Bone Bolango Giatkan Pelayanan Publik Berbasis IT

  • Whatsapp
Plh. Sekda Taufik Sidiki didampingi Plt. Kepala Diskominfo Lukman A. Daud saat membuka rapat evaluasi SPBE dan rencana implementasi SPBE melalui aplikasi single window, di Galery Penataan Ruang Kabupaten Bonebol, Jumat (26/10). (F.AKP)

60DTK-BONEBOL: Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) merencanakan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui aplikasi single window. Hal ini dibahas dalam rapat evaluasi dan rencana implementasi SPBE di Galery Penataan Ruang Kabupaten Bonebol, Jum’at (26/10/2018).

Asisten I Bidang Pemerintahan Taufik Sidiki mengatakan, saat ini Pememerintah Bone Bolango sedang giat-giatnya mengangkat Bone Bolango melalui pelayanan publik berbasisi IT maupun elektronik. Salah satunya melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Eektronik (SPBE). Selain itu, dirinya meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menindaklanjuti dan membackup bersama terkait rencana implementasi dari SPBE melalui aplikasi single window tersebut.

Bacaan Lainnya

“Dengan demikian pelayanan public di Bone Bolango, diharapkana bisa terkoneksi dan terintegrasi semua di seluruh OPD,” ungkap Taufik.

Sementara itu, PLT. Kepala Diskominfo Bone Bolango Lukman Daud menjelaskan, pelaksanaan SPBE di instansi pemerintah daerah ditujukan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, akuntabel, serta meningktkan kualitas pelayanan publik.

Terkait dengan rencana implementasi SPBE melalui aplikasi single window, Lukman Daud menjelaskan, aplikasi single window merupakan inovasi proyek perubahan PIM IV dari Kepala Seksi Penyedia Aplikasi Diskominfo Bone Bolango, Maskur, S.Kom, M.Eng.

“Aplikasi single window ini adalah sebuah aplikasi berbasis android yang di dalamnya menyediakan layanan berbagai macam sistem informasi atau aplikasi yang dikelompokkan sesuai dengan fungsinya,” jelas Lukman Daud

Tujuan dari aplikasi ini ungkap dia, untuk memberikan kemudahan akses layanan aplikasi maupun sistem informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat atau user. Selain itu, untuk memudahkan dalam melakukan evaluasi SPBE, dan mempercepat peningkatan kapabilitas SPBE itu sendiri. (rls/mp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan