Bupati Nelson Pomalingo Evaluasi Mitra Kerja OPD

60DTK – Kabupaten Gorontalo : Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam hal ini Bupati Nelson Pomalingo kembali melaksanakan rapat evaluasi kinerja jajaran Pemerintahannya selama Tahun 2018.

Setelah sebelumnya orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu mengevaluasi kinerja seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Kali ini evaluasi dilakukan terhadap Mitra Kerja OPD. Kamis, (3/01/2019).

Rapat yang dimulai pada pukul 09:00 Wita tersebut tersebut diikuti oleh sejumlah Mitra seperti FKUB, FPK, KONI, KNPI, Takmirul Masjid dan Organisasi lainnya yakni P2TP2A, PKK Kabupaten, hingga Satgas.

Ketika ditemui, Bupati Nelson Pomalingo menjelaskan bahwa Pemerintah dan OPD tidak dapat bekerja sendiri-sendiri. Disisi lain, Mitra Kerja OPD juga tidak dapat bekerja sendiri. Artinya, ada saling keterkaitan dan ketergantungan satu sama lain dalam mencapai pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Saya tidak bisa bekerja sendiri dan OPD tidak bisa bekerja sendiri, tanpa didukung masyarakat. Namun mereka juga tidak bisa berdiri sendiri”. Ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, rapat evaluasi itu bukan saja memberikan manfaat agar pemerintah mengetahui kinerja mereka, namun juga menjadi wadah untuk saling belajar.

“Hari ini kita rapat evaluasi. Ada yang sudah bagus, ada yang lebih baik, dan kita memahami pekerjaan mereka. Kemudian dengan adanya pertemuan seperti ini, mereka dapat saling belajar”.

Adapun poin penting dari hasil rapat tersebut ialah adanya Mitra Kerja OPD yang tidak mendapatkan Dana dalam menjalankan program selama Tahun 2018.

“Memang ada beberapa mitra yang tahun lalu tidak dapat. Karena memang ada problem di organisasinya. Ketuanya sudah tidak ada lagi, dan sebagainya. kalau saya tidak rapat begini kan saya tidak tahu”. Tegasnya.

Kedepan, Nelson Pomalingo mengharapkan kepada Mitra Kerja OPD untuk memperhatikan empat hal yakni Organisasi hingga tupoksi Mitra Tertentu.

“yang pertama adalah organisasinya harus dijaga baik, baik kepengurusan, sekretariatnya dan sebagainya. yang kedua membuat program yang benar, yang ketiga adalah harus kolaborasi. Kolaborasinya tidak hanya dengan OPD atau dengan pemerintah, tapi juga dengan mitra-mitra yang lain. Yang keempat kita berharap mereka fokus berdasarkan dengan tupoksi”.

Editor : Zulkifli M.

Reporter : Andrianto Sanga

Leave A Reply

Your email address will not be published.