Bupati Pohuwato Tegaskan Soal Tahapan Perencanaan Dalam Penyusunan Perda APBD

60DTK, Gorontalo – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga membuka kegiatan pembahasan rancangan KUA dan PPAS tahun anggaran 2022 yang berlangsung di Hotel Damhil Gorontalo, Kamis (14/10/2021).

Saipul yang didampingi Sekda Pohuwato, Iskandar Datau; dan Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh; dalam sambutannya mengatakan, penyusunan perda tentang APBD harus melewati tahapan-tahapan perencanaan.

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga saat memberikan sambutan pada pelaksanaan kegiatan pembahasan anggaran tahun 2022, yang berlangsung di Hotel Damhil Gorontalo, Kamis (14/10/2021). (Foto: Humas)

Tahapan perencanaan tersebut telah dilalui melalui musrenbang, penyerapan pokok-pokok pikiran DPRD, yang selanjutnya telah dituangkan dalam dokumen rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022.

expo

“Pada saat ini kita telah memasuki tahapan penganggaran yang dimulai dari tahapan penyusunan rancangan kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS),” jelas Saipul.

Ia melanjutkan, dalam penyusunan rancangan KUA dan rancangan PPAS diperlukan sinergitas dan penyelarasan kebijakan pemerintah daerah dan pemerintah provinsi, yang lebih lanjut dituangkan dalam rancangan kebijakan umum APBD dan PPAS yang disepakati pemerintah daerah bersama DPRD sebagai dasar dalam penyusunan ranperda tentang APBD tahun anggaran 2022.

“Saya berharap kepada TAPD dan perangkat daerah agar lebih memberikan penajaman pada setiap rincian belanja dan usulan yang diajukan, serta kiranya dapat memaklumi kondisi keuangan saat ini,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator TAPD, Iskandar Datau menambahkan, selama tiga hari ke depan kegiatan ini secara bergilir akan diikuti oleh tiap-tiap OPD.

“Untuk itu, kehadiran dari OPD sesuai jadwal yang ditentukan kiranya bisa diikuti dan dihadiri sehingga pembahasan ini berjalan lancar,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Efendi Hasan

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles