Cara Menciptakan Kesan Baik Lewat Surat Lamaran Kerja

  • Whatsapp
(Foto: InFonesia)

60DTK, Gorontalo – Menulis lamaran pekerjaan adalah hal yang cukup krusial ketika kita akan melamar ke perusahaan tertentu. Dikatakan krusial, karena melalui surat ini pihak perusahaan akan mendapat kesan awal tentang siapa kita, dan apakah visi kita cukup jelas untuk bergabung dengan perusahaan.

Tahulah, ya, seberapa penting first impression itu. Jika kesan awalnya sudah baik, tidak menutup kemungkinan kita bisa masuk ke tahap selanjutnya. Namun, kadang banyak juga yang bingung bagaimana baiknya menulis lamaran pekerjaan untuk menciptakan kesan awal yang baik?

Bacaan Lainnya

Nah, setidaknya ada lima bagian surat lamaran yang harus diperhatikan. Lima bagian ini ditulis per paragraf, ya.

Bagian pertama atau paragraf pertama, pembukaan. Nah, di bagian ini kita perlu memberitahu dengan singkat identitas diri kita. Tidak perlu panjang-panjang, yang penting sudah mencakup nama, lulusan dari jurusan apa, universitas mana, dan keinginan untuk melamar ke perusahaan tersebut.

Bagian kedua, alasan. Di bagian ini, berikan alasan kenapa kita ingin kerja di perusahaan tersebut, khususnya di posisi yang kita lamar. Di bagian ini pula bisa dijelaskan soal moto, ambisi, dan kenapa kita menyukai posisi yang kita pilih, apa tantangannya, dan apa harapan kita dari posisi tersebut.

Bagian ketiga, alasan memilih perusahaan tersebut. Ini juga penting. Biasanya akan ada pertanyaan seperti, “Kan perusahaan di Indonesia ini banyak, kenapa memilih perusahaan ini?” Nah, di bagian ketiga inilah waktunya kita menjelaskan hal itu, tapi tetap hindari kalimat-kalimat pujian yang terlalu berlebihan, yaaa.

Bagian keempat, ceritakan tentang kemampuan, kegiatan, dan mengapa kita bisa jadi kandidat yang tepat untuk perusahaan. Di sini, perlu ada sinkronisasi antara apa yang sudah pernah kita kerjakan sebelumnya, kegiatan kita saat ini, serta kemampuan kita yang cocok dengan posisi yang kita lamar di perusahaan tersebut.

Bagian kelima atau terakhir, penutup. Seperti pada umumnya, bagian ini hanya berisi kata-kata penutup. Untuk bagian ini, pilihlah kata penutup yang bisa memberi kesan terbaik agar kita selalu diingat oleh pihak perusahaan.

Pos terkait