Cuaca Buruk, Nelayan di Pohe Beralih Jualan Kue

60DTK РGORONTALO Р Akitivitas Nelayan yang ada di Kelurahan Pohe, Kecamatan Hulontalangi, Kota Gorontalo tak lagi melaut seperti biasanya. Hal Itu dikarenakan cuaca buruk yang memaksa para nelayan harus menarik perahu mereka agak sedikit berjauhan dengan air laut, Jumat (19/07/2019).

Arus ombak yang begitu besar nampaknya membuat para nelayan tak bisa melaut untuk sekadar mencari ikan dan membiayai kebutuhan ekonomi keluarganya. Akan tetapi hal ini sepertinya sudah menjadi hal yang biasa bagi para nelayan.

Kondisi pantai saat sore hari. Terlihat arus ombak yang cukup deras, Foto Efendi

Pasalnya cuaca buruk seperti itu adalah perubahan cuaca musiman yang sudah seringkali terjadi. Namun, hal tersebut justru merugikan para nelayan, dengan cuaca yang mulai berganti mereka yang bekerja sebagai nelayan tak bisa lagi melaut beberapa hari kedepan hingga hitungan bulan lamanya.

Sudin Gani (54) misalnya, salah seorang nelayan di kelurahan Pohe yang ditemui awak media di sekitaran pantai, menuturkan, walaupun ombak ini terlihat deras, hal itu belum seberapa.

“Bulan Juni, Juli, September itu musim angin timur, ini termasuk kecil. Yang besar itu bulan Agustus. Jadi sebagian nelayan yang tidak memiliki perahu meskipun memilki mesin besar terpaksa tidak melaut,” ungkapnya.

Akibatnya para nelayan pun harus mencari kerja sampingan yang dapat menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Biar tidak melaut alhamdulilah ada juga pemasukan tapi tidak seperti melaut. Saya pun untuk sementara ba jual kue,” terangnya saat di temui awak media.

Terlebih lagi menurut informasi dari masyarakat yang juga nelayan sekitar, cuaca seperti itu biasanya mencapai tiga sampai empat bulan kedepan. Alhasil para nelayan yang hanya menggunakan perahu kecil dan mesin ketinting harus menunggu cuaca membaik dan stabil kembali.

Penulis: Efendi

Editor: Zul

Comments are closed.