Curah Hujan Tinggi, Sembilan Desa Di Bonebol Terendam Banjir.

  • Whatsapp
Kondisi rumah warga yang ada di desa Iloheluma yang masih tergenang air, pasca setelah di guyur hujan seharian. 8/12.

60DTK – BONE BOLANGO : Akibat hujan deras yang cukup lama pada jumat (7/12) kemarin membuat sembilan desa yang ada di Kab. Bone Bolango terendam banjir, dengan ketinggian air mencapai hingga 50 cm.

Berdasarkan data yang di peroleh dari BPBD Bonbol, Sembilan desa yang terdampak banjir di antaranya, Desa Berlian 200 jiwa, Bongohulawa 300 jiwa, Bongo Pini 76 jiwa, Permata 150 jiwa, Hulontalangi Timur 300 jiwa, Iloheluma 250 jiwa, Moutong 25 jiwa, Toto Selatan 300 jiwa dan Toto Utara 250 jiwa dengan jumlah KK Keseluruhan 1.651 jiwa.

Bacaan Lainnya

Gagarin Hunawa selaku Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bone Bolango, langsung turun ke lokasi yang terdampak banjir bersama anggota lainya yang sudah melihat kondisi air yang masih terus bertambah hingga malam hari.

“Kami sudah berusaha menyusur semua tempat yang terdampak banjir akibat hujan yang Cukup deras dan berlangsung lama. Dari sembilan desa tersebut, kami juga sudah memberikan peringatan pertama kepada seluruh masyarakat agar kiranya lebih berhati-hati dan tidak membiarkan anak-anak bermain di sekitaran air yang masuk ke lingkungan rumah.”Ujarnya, Sabtu (8/12/2018).

Pihak BPBD menilai ini cukup berbahaya, kami pun meminta kepada seluruh masayarakat agar mengamankan barang-barang berharga ke tempat yang lebih aman. “untuk sementara waktu belum ada evakuasi yang kami lakukan, karena masyarakat juga masih bertahan di rumah mereka.” Terangnya saat di wawancarai oleh reporter 60dtk.com di Kantor BPBD Bonbol.

Ia pun menambahkan bahwa dirinya semenjak pagi tadi sekitar pukul 07:00 Wita, telah mengecek kembali tempat yang terdampak banjir pada jumat malam kemarin.

“Dari pantauan kami tadi, di beberapa desa airnya sudah mulai turun, hanya tinggal empat desa yang sampai saat ini masih di aliri oleh air, dan kami dari pihak BPBD masih terus melakukan pemantauan, jangan sampai terjadi kembali hujan susulan yang mungkin saja bisa memicu kebanjiran lagi,” tambahnya di akhir wawancara.(mf).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan