Dekot Gorontalo Minta Pemerintah Berdayakan Istri Nelayan Kecil

  • Whatsapp
Anggota DPRD Kota Gorontalo, Sucipto Kadir. (Foto: Humas)

60DTK, Kota Gorontalo – Anggota Komisi B DPRD Kota Gorontalo, Sucipto Kadir meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melalui dinas terkait agar memikirkan cara memberdayakan istri-istri nelayan kecil di daerah setempat.

Pemberdayaan yang dimaksud Sucipto ini antara lain berupa pemberian modal bantuan usaha atau memfasilitasi pelatihan-pelatihan keterampilan yang dapat berdampak pada ekonomi keluarga mereka.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Menurut Sucipto, upaya ini penting dilakukan pemerintah supaya para istri nelayan dapat membantu ekonomi keluarganya ketika suami mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan, khususnya keperluan sehari-hari akibat kendala-kendala tertentu.

“Pemerintah harus memikirkan langkah-langkah lebih konkret untuk meningkatkan ekonomi keluarga nelayan, salah satunya mengintervensi kegiatan-kegiatan berupa usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kepada istri-istri nelayan,” pinta Sucipto saat diwawancarai awak media 60dtk pada Senin (26/09/2022) lalu.

Sucipto mengatakan, pemerintah daerah selama ini memang selalu berupaya memberikan bantuan kepada para nelayan berupa mesin katinting 5,5 pk maupun mesin tempel 15 PK.

Akan tetapi, Sucipto mengingatkan bahwa hanya ada waktu-waktu tertentu para nelayan ini bisa mendapatkan tangkapan ikan yang melimpah. Pada suatu waktu, mereka akan sulit mendapat ikan karena berbagai faktor seperti kuatnya angin laut.

“Sehingga ini yang harus dipikirkan. Saat mereka tidak ada pendapatan, ada pendapatan dari sektor lain yang dapat membantu ekonomi dan menghidupi keluarga mereka,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait