Di Jawa Barat, Bekasi Dilanda Banjir Terbanyak

60DTK-Nasional: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, Jawa Barat memiliki 97 titik banjir, lebih banyak dari DKI Jakarta yang hanya memiliki 63 titik banjir, dan Banten dengan 9 titik.

Dari semua lokasi banjir di Jawa Barat, 53 titik berkumpul di Kota Bekasi, 32 di Kabupaten Bekasi, dan sisanya tersebar di Kabupaten Bogor dan Depok, di mana semua lokasi ini adalah kawasan penyangga ibu kota.

Baca juga: Ini Dia 6 Wilayah Darurat Banjir Di Jawa Barat

Sementara itu, banjir terparah hingga sedalam 2,5 meter terjadi di Perum Beta Lestari, Kota Bekasi. Sedangkan di Kabupaten Bogor dan Depok juga terjadi longsor. Akibatnya, berdasarkan data dari BNPB, setidaknya ada 369.681 jiwa yang ter-dampak dan 21 orang meninggal dunia akibat rangkaian bencana alam di Jawa Barat ini.

Menyiasati hal ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah meninjau lokasi dan bertemu warga di Bekasi dan Bogor, dan menyerahkan 10 riverboat untuk membantu evakuasi di Bekasi.

Baca juga: Berkaca Dari Jabodetabek, Jawa Timur Tingkatkan Kesiagaan Hadapi Bencana

Meski begitu, Kepala Biro Humas Provinsi Jawa Barat, Hermansyah mengatakan, saat ini kondisi di beberapa titik mulai membaik. Ia berharap pemulihan bisa segera dilakukan.

“Ya kita berharap saja, mudah – mudahan ini tidak ada curah hujan yang begitu tinggi. Seperti hari ini kondisinya sudah mulai surut, hanya tinggal beberapa titik yang terkena,” jelasnya.

Baca juga: Antisipasi Banjir Di Musim Hujan, PUPR Bangun Pengaman Badan Sungai

Meski begitu, dia mengimbau masyarakat tetap waspada. Sebab berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca ekstrem akan tetap bertahan hingga beberapa hari ke depan.

“Saya imbau masyarakat juga untuk terus mengakses informasi dan mengikuti instruksi dari badan – badan kebencanaan, seperti BPBD Jabar, sebagai langkah antisipasi,” tutup Herman. (rls)

 

Sumber: VOA Indonesia

Comments are closed.