Di Universitas Terbuka ada Program S3 Online

60DTK, Gorontalo – Sejak tahun 2019, Universitas Terbuka membuka Program Pendidikan Doktor (S3) dengan system pembelajaran jarak jauh. Hal ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan, namun terkendela dengan berbagai perosoalan termasuk masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan Keputusan Menristekdikti Nomor 790/KPT/I/2019 Tanggal 3 September 2019, program pendidikan doktor di Universitas Terbuka terdiri dari dua Program Studi.

Dua Program Studi itu yakni Program Doktor Administrasi Publik dengan pilihan bidang minat Administrasi Publik dan Kebijakan Publik, dan Program Doktor Ilmu Manajemen pilihan bidang minat Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM).

Skema pembelajaran yang diterapkan pada program ini dilakukan dengan cara blended learning (kombinasi) menggambungkan pembelejaran sinkronus (tutorial tatap muka/TTM atau turotial berbasis web/Tuweb) dengan pembelajaran asinkronus (tutorial online ata Tuton).

Skema ini disiapkan untuk para mahasiswa yang berdomisili dan tersebar di lintah wilayah UPBJJ-UT, sehingga untuk peretemuan tatap muka tidak dapat dilaksanakan. Proses perkuliahan sinkronus dilakukan secara virtual dengan fasilitas tutorial webinar (Tuweb) sehingga bisa berinteraksi virtual secara langsung antara dosen dan mahasiswa.

Adapun biaya pendaftaran (Admisi) Rp1.000.000,-./peserta, Biaya Program Matrikulasi Rp 6.000.000,-. /peserta, sedangkan Uang Kuliah Semester (SPP) 1 (satu) sampai dengan 8 (delapan) sebesar Rp12.500.000,- /semester.

Masing-masing mahasiswa wajib dan berhak mengikuti atau meperoleh rangkaian layanan program dan mata kuliah setiap semester beserta pembiayaannya. Pendaftaran mahasiswa baru Pasca Sarjana dan Doktor Universitas Terbuka sampai dengan 2 Oktober 2020.

Informasi lebih lanjut, bisa mendatangi Kampus UT Gorontalo atau di laman UT Gorontalo (www.gorontalo.ut.ac.id), atau hubungi Pelma UT Gorontalo 0821-8900-4878. (rls/HL)