Dinas Pangan Gorontalo Gelar Festival Pangan Lokal

60DTK – Gorontalo: Sebagai upaya dalam meningkatkan kreasi dan nilai tambah produk dengan memanfaatkan bahan pangan lokal, Dinas Pangan Provinsi Gorontalo menggelar Festival Pangan Lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA ).

Ketua Panitia Festival yang juga Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Zakiya Beserewan menjelaskan, kegiatan ini guna mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

“Kami ingin masyarakat pelaku usaha dapat melakukan inovasi dan kreasi dalam pengembangan olahan pangan lokal”, kata Zakiya Baserewan, Rabu (14/08).

Festival yang berlangsung pada Selasa (13/8/2019) di Hotel Grand Q Kota Gorontalo tersebut, dibuka oleh Wakil Ketua Tim PKK Provinsi Gorontalo Nurinda Rahim.

Ia menyampaikan, telah banyak motivasi dan inovasi yang dilakukan PKK dalam membuat keberagaman pangan lokal dan juga sudah melakukan diversifikasi sedemikian rupa. Sehingga bahan pangan lokal lebih nampak lagi.

“Festival pangan lokal dapat disosialisasikan ke masyarakat agar mereka bisa mengadopsi menu untuk pemenuhan kebutuhan gizi keluarga yang memanfaatkan pangan lokal non beras”, ujar Nurinda Rahim.

Dalam Festival Pangan Lokal ini, Nurindah berharap, potensi dan kekayaan bahan pangan di Gorontalo harus mampu digali dan dikreasikan untuk menjadi pangan yang menarik, bergizi seimbang dan aman dikonsumsi siapa saja.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Sila Botutihe mengungkapkan, Festival Pangan Lokal ini dilaksanakan juga dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Festival ini merupakan cara untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah dan menyukseskan Go Pangan Lokal yaitu mengajak, mempengaruhi dan merubah perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi pangan lokal yang non beras,” kata Sila.

Penyelenggaraan Festival Pangan Lokal Provinsi Gorontalo tahun ini, berbeda dengan pelaksanaan tahun – tahun sebelumnya. Yang menarik adalah ditampilkannya menu lomba inovasi sagela yang dikreasikan oleh para peserta festival.

Dari hasil lomba Festival Pangan Lokal ini, sebagai pemenang pertama jatuh pada peserta dari Kabupaten Boalemo, pemenang kedua Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo berada diperingkat ketiga. (adv)

Comments are closed.