DISKOMINFOTIK Gorontalo Gelar Rapat Evaluasi Data Sektoral Tahun 2021

  • Whatsapp
DISKOMINFOTIK
Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo Masran Rauf (tengah) saat memberikan sambutan pada Rapat Evaluasi Data Sektoral Tahun 2021 sekaligus Pembekalan Walidata OPD Pemerintah Provinsi Gorontalo di Aula Na’cas Caffe & Resto, Kota Gorontalo, Senin (21/3/2022). Foto: Istimewa.

60DTK, Gorontalo – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DISKOMINFOTIK) Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Evaluasi Data Sektoral Tahun 2021, Senin (21/3/2022).

Kegiatan yang sekaligus Pembekalan Walidata Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Gorontalo berlangsung di Aula Na’cas Caffe & Resto, Kota Gorontalo.

Bacaan Lainnya

Kepala DISKOMINFOTIK Provinsi Gorontalo Masran Rauf mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi informasi dan pengetahuan kepada Walidata di masing-masing OPD.

Masran Rauf menambahkan, upaya pemerintah dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah, merupakan wujud penerapan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Pada kesempatan itu, Masran Rauf mengajak seluruh jajaran OPD untuk proaktif dalam menyuplai kelengkapan data-data statistik sektoral. Masran juga meminta untuk mengajukan rancangan kegiatan statistik sektoral untuk memperoleh rekomendasi dari Badan Pusat Statistik (BPS).

“Selain itu juga melakukan verifikasi dan validasi data sesuai standar data dan segera mengajukan rancangan kegiatan statistik sektoral,” ujar Masran.

Masran juga mengapresiasi Walidata Sektoral yang konsisten dalam memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah. Khususnya pada penginputan data sektor yang mencapai 92,18% atau naik 15,08% di tahun 2021.

“Saya mengapresiasi kepada Walidata Sektor yang telah konsisten dan berkelanjutan dalam memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah, khususnya pada penginputan data sektor mencapai 92,18 % atau naik 15,08% di tahun 2021,” tukas Masran Rauf.

Melalui kegiatan rapat evaluasi dan pembekalan ini, pengelola data mampu memahami dan menjalankan penyelenggaraan statistik sektoral terutama dalam memahami konsep.

Selain itu juga, pengelola data bisa menganalisis kebutuhan statistik sektoral, menerapkan teknik perencanaan penyelenggaraan statistik sektoral, cara implementasi serta mengevaluasi hasilnya. (ksm/rls)

 

Pos terkait