DLH Gorontalo Utara Ajak Warga lebih Peduli dengan Lingkungan

  • Whatsapp
Tahun Anggaran Baru, DLH Gorut Parioritaskan Pengelolaan Sampah
Salah satu tempat yang menjadi lokasi pembuangan sampah liar oleh masyarakat, Rabu (5/01/2022). Foto: Usman/60dtk

60DTK, Gorontalo Utara – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gorontalo Utara mengajak warga untuk lebih peduli dengan lingkungan.

Kepala Dinas DLH Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu menilai kesadaran warga masih minim. Padahal kata dia, jika lingkungan sudah tercemar tidak baik untuk kesehatan.

Bacaan Lainnya

“Saat ini kepedulian itu masih kurang. Kesadaran mereka akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan itu masih kurang,” ungkap Ilyas, Selasa (22/2/2022).

Ilyas menambahkan, pihak banyak menerima laporan warga jika ada beberapa lokasi yang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah sembarangan.

“Itu banyak sering terjadi. Mereka sering membuang sampah tidak pada tempat yang dianjurkan. Dan itu sudah menjadi kebiasaan, sehingga banyak lingkungan tercemar,” imbuh Ilyas.

Ilyas menawarkan solusi bagi warga soal penanganan sampah, misalnya membuat tempat pembakaran sampah sederhana dengan cara memilah sampah-sampah yang berbahaya jika dibakar.

“Coba mereka buat tempat di belakang rumah untuk membakar sampah, mereka pilah sampahnya. Dengan begitu, mereka bisa mencegah agar lingkungan tidak tercemar. Jadi efek negatif yang ditimbulkan tidak terjadi,” tutup Ilyas. (usm)

Pos terkait