Excavator Amphibious Akan Jadi Alternatif Pemprov Bersihkan Danau Limboto

60DTK – BANDUNG – Pemerintah Provinsi Gorontalo sedang menjajaki kerjasama dengan PT Pindad dalam upaya penanganan Danau Limboto dari eceng gondok. Sebagai langkah awal, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berkesempatan berkunjung ke PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/10/2019).

Perusahaan plat merah yang terkenal dengan produksi senjatanya itu saat ini sedang mengembangkan usahanya. Selain produk komersial dan industrial, PT Pindad telah memproduksi alat mesin pertanian.

“Pak Gubernur tertarik dengan excavator amphibious yang sudah diproduksi Pindad. Alat itu memungkinkan untuk pembersihan Danau Limboto dari eceng gondok secara lebih efektif dan efisien,” tutur Kepala Biro Pengadaan Pemprov Gorontalo Wahyudin Katili yang turut mendampingi gubernur.

BACA JUGA : Kepala BNNP Gorontalo Resmi Berganti

Lebih lanjut kata Wahyudin, kerjasama yang dipertimbangkan menyangkut sewa alat. Cara ini menurutnya lebih efektif karena mempertimbangkan biaya yang mahal, pemeliharaan dan ongkos operator.

“Ini kan baru tahap awal. Sekembalinya dari sini akan kita kaji dan tindaklanjuti bersama dengan dinas teknis,” imbuhnya.

Beberapa produk industrial buatan PT Pindad diantaranya excavator standar, excavator long arm dan excavator amphibious kapasitas 20 ton. Ada juga alat mesin pertanian seperti traktor berbagai ukuran, rotatanam, combine harvester dan paddy dryer. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Comments are closed.