Festival Ikan Tuna Gorontalo Momen Promosi Kuliner dan Kebangkitan Ekonomi UMKM

  • Whatsapp
Suasana hari pertama kegiatan Festival Ikan Tuna Gorontalo yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Ippot Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Jumat. (2/09/2022). (Foto: Andi 60dtk)

60DTK, Bone Bolango – Festival ikan tuna Gorontalo yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Ippot Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, resmi dibuka oleh Wakil Ketua DPR RI, Rachmad Gobel, Jumat (2/09/2022).

Pantauan awak media, kegiatan tersebut tetap ramai pengunjung meski sempat diguyur hujan deras. Mereka juga hanya perlu mengeluarkan budget Rp50.000 untuk biaya karcis plus kupon yang bisa ditukarkan dengan hidangan kuliner yang tersedia di banyak stand.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini ada karena ketika saya melaksanakan reses atau berkunjung ke Gorontalo, ada hal yang selalu menjadi pertanyaan kepada saya. Pertanyaan itu adalah, restoran mana yang bisa dikunjungi untuk menikmati hasil dari tangan-tangan kreatif bapak dan ibu di Gorontalo,” ujar Rachmad dalam sambutannya.

“Jadi saya terdorong mempromosikan restoran atau toko UMKM dari seluruh daerah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan nasional bahkan mancanegara,” tambahnya.

Selain itu, kata Rachmad, Ia ingin melalui kegiatan tersebut, petumbuhan ekonomi pelaku UMKM di Gorontalo bisa kembali meningkat usai terpuruk akibat dampak pandemi covid-19 yang melanda Indonesia sejak tahun 2020 lalu.

“Kemudian saya melihat Gorontalo ini banyak wisata yang perlu dikembangkan. Jadi saya berpikir untuk mendorong pariwisata ini salah satunya melalui kulinernya,” kata Rachmad.

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan alasan pemilihan ikan tuna sebagai lokomotif promosi kuliner, mendorong pariwisata, bahkan membangun Gorontalo. Salah satu di antaranya karena daerah ini berada dekat dengan teluk tomini yang dikenal jadi habitat banyak jenis ikan tersebut.

“Berikutnya, ikan tuna merupakan komoditas yang menguntungkan bagi nelayan dan terbukti memberikan sumbangan yang berarti untuk PDB Gorontalo. Saya juga ingin ikan tuna jadi unggulan budaya kuliner orang Gorontalo,” tandasnya.

Mudin Thalib, pemilik Rumah Makan Alikana Limboto mengaku senang bisa menyajikan kuliner ikan tuna yang memang jadi objek usahanya sejak lima tahun lalu pada kegiatan tersebut.

“Terima kasih kepada Pak Rachmad Gobel karena telah membuat acara seperti ini. Kegiatan ini sangat membantu kami, utamanya pedagang kuliner untuk mempromosikan kuliner tuna di Gorontalo,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan tersebut akan berlangsung hingga 4 September 2022. Di hari pertama ini, Rachmad sempat berdiskusi dengan para nelayan se-Provinsi Gorontalo terkait permasalahan yang mereka hadapi sampai saat ini.

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait