Germas Cinta Laut Dideklarasikan di Gorut Guna Jaga Sumber Daya Laut

  • Whatsapp

60DTK, Gorontalo Utara – Pemerintah Daerah Gorontalo Utara kembali mendeklarasikan Gerakan Masyarakat (Germas) Cinta Laut yang dilaksanakan di Pantai Malagoso, Desa Dumolodo, Kecamatan Gentuma Raya.

Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu menerangkan bahwa gerakan ini sangat penting untuk menjaga sumber daya alam di laut pada masa yang akan datang.

Bacaan Lainnya

“Germas Cinta Laut ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap sumber daya pesisir dan laut,” terang Thariq Modanggu, Kamis (15/09/2022).

Ia menjelaskan, gagasan pembentukan Germas Cinta Laut ini ini dibentuk atas dasar keprihatinannya terhadap aktivitas destruktif yang mempercepat kerusakan sumber daya laut di Gorontalo Utara.

“Kegiatan destruktif yang selama ini mempercepat laju kerusakan pada sumber daya pesisir dan laut, sehingga deklarasi ini diharapkan menjadi komitmen bersama untuk menjaga serta merestorasi sumber daya agar dapat dimanfaatkan untuk generasi mendatang. Ketika sumber daya itu mengalami kerusakan, akan membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkannya,” tegasnya.

Selain itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gorontalo Utara, Manda Sunge menginginkan agar kegiatan deklarasi ini tidak hanya sebatas seremonial semata, melainkan bisa terus dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga sumber daya laut.

 

“Saat ini Pemda Gorut sementara gencar-gencarnya mengembangkan investasi pariwisata yang ada di daerah kita. Keberagaman ekosistem yang ada di daerah kita tentunya bisa menjadi modal besar bagi pendapatan asli daerah, maka diharapkan dengan dilaksanakan deklarasi ini, tidak hanya sebatas seremonial semata, tetapi diharapkan komitmen ini bisa dilaksanakan untuk menjaga sumber daya laut hingga di masa akan datang,” tukas Manda. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait