Gubernur Gorontalo Minta Visi Misi Kabupaten/Kota dan Provinsi Harus Sejalan

60DTK – Makassar : Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta, visi misi kabupaten/kota dan provinsi harus sejalan. Hal itu disampaikannya pada Rapat Kerja Penyelarasan Dokumen Perencanaan Provinsi Gorontalo tahun 2021 terhadap RPJMN 2020 – 2024 di Ballroom Hotel Gammara Makassar, Jum’at (21/02/2020).

Rusli menginginkan, agar kepala daerah se – Provinsi Gorontalo terus bersinergi dalam mewujudkan pembangunan yang hendak dicapai pemerintahannya.

“Kadang-kadang program kita (provinsi) tidak terkoneksi, dan kadang-kadang juga tidak diakui. Sehingga terjadi yang saya katakan raja-raja kecil di daerah”, kata Rusli.

Rusli mencontohkan pembangunan Irigasi Randangan di Pohuwato. Selain menjadi tanggung jawab provinsi, irigasi itu juga harus dikontrol oleh pemerintah kabupaten termasuk Balai Sungai.

“Pembangunan ini harus terkoneksi, jangan sendiri-sendiri. Ini yang harus kita pikirkan bersama agar program-program ini, bisa dirasakan oleh rakyat dan fokus pada pembangunan yang ada di daerah. Saya mohon kepada teman-teman, jangan asal buat program, tetapi kita tidak tahu tujuan akhirnya seperti apa”, jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki berharap, lewat rapat kerja tersebut imbauan Gubernur Gorontalo dapat direalisasikan.

“Kita Lakukan penyelarasan kebijakan dan sasaran pembangunan dalam RKPD 2021 terhadap RPJMN 2020 – 2024. Kita juga melakukan sinergi dan dukungan program perioritas nasional tahun 2021”, jelas Budi.

“Selain itu, juga melakukan pemetaan terhadap program kegiatan dalam Renja OPD sesuai Permendagri 90 tahun 2019”, pungkasnya. (adv)

Comments are closed.