H.B Jassin jadi Pahlawan Nasional didukung Gubernur DKI Jakarta

  • Whatsapp
H.B Jassin jadi Pahlawan Nasional didukung Gubernur DKI Jakarta
Anggota TP2GD Provinsi Gorontalo, dr. Muhammad Isman Jusuf, Sp.S (kanan), menyerahkan buku H.B Jassin kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Seminar Nasional pengusulan H.B Jassin sebagai Pahlawan Nasional di Kantor Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (22/2/2022). Foto: Istimewa.

60DTK, Gorontalo – Pengusulan Hans Bague (H.B) Jassin menajdi Pahlawan Nasional mendapat dukungan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dukungan ini disampaikannya pada Seminar Nasional pengusulan H.B Jassin menjadi Pahlawan Nasional di Kantor Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa (22/2/2022).

“Kami sangat mengapresiasi ikhtiar untuk menempatkan H.B Jassin sebagai Pahlawan Nasional. H.B Jassin ini menjadi penghubung antara Gorontalo dan Jakarta. Lahirnya di Gorontalo, bersemayamnya di Jakarta, bermanfaatnya di seluruh Indonesia,” ujar Anies.

Bacaan Lainnya

Anies mengungkapkan, H.B Jassin memiliki peran besar dalam perjalanan kebangsaan Indonesia. Oleh karena itu, seminar tersebut menurutnya tidak hanya sekedar menapaktilasi setiap momen perjalanan hidup H.B Jassin, tetapi lebih dari itu memaknai perjuangannya.

“Bukan sekedar menuliskan rentetan peristiwa yang dialaminya, karena kita semua sadar betapa besar peran seorang H.B Jassin di dalam perjalanan kebangsaan kita. Beliau ini unik, profesi yang membuatnya terkenal adalah kritikus sastra, pekerjaannya mengkritik kata-kata. Pusat Dokumentasi Sastra yang didirikannya menjadi salah satu yang terlengkap di dunia,” urai Anies. (ksm/rls)

Pos terkait