Hand Sanitizer Produk Lokal Gorontalo Diapresiasi Menkopolhukam RI

60DTK, Gorontalo – Hand Sanitizer produk lokal Gorontalo mendapat apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia, Mahfud MD.

Baca Juga: Awal Mula Cap Tikus Disulap Jadi Hand Sanitizer

“Saya mengucapkan terimakasih atasan kiriman produk hand sanitizer dari bapak gubernur, yang merupakan produk masyarakat lokal dengan kemasan yang bagus,” tulis Menkopolhukam melalui suratnya tertanggal 25 Agustus 2020.

Antiseptic dengan merek Sofie itu, menjadi kebanggaan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di tengah pandemi Covid-19. Selain dibuat oleh sekumpulan anak muda, hand sanitizer tersebut berbahan dasar air nira yang dijadikan minuman keras oleh warga lokal.

Baca Juga: Sulap Cap Tikus Jadi Hand Sanitizer, Gubernur Apresiasi BPOM Gorontalo

“Cap tikus ini seringkali diselundupkan dari daerah tetangga, baik Sulut dan Sulteng untuk dikonsumsi sebagai minuman keras. Nah, di tengah waba Covid-19 sekarang ini, kita dorong untuk diproduksi mejadi produk hand sanitizer. Dan Alhamdulillah sekarang sudah dipasarkan,” ungkap Rusli, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga: Begini Cara Penggunaan Hand Sanitizer Yang Benar Untuk Cegah Corona

Beberapa instansi juga sudah melakukan penyulingan, pengolahan dan pengemasan air nira atau aren menjadi hand sanitizer. Polda Gorontalo misalnya, sukses memproduksi ribuan botol untuk dibagi-bagikan kepada warga. (adv/rls)