Hari Pancasila, Forkopimda Gelar Upacara di Halaman Museum Purbakala Gorontalo

60DTK-Gorontalo: Momentum peringatan Hari Pancasila, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar upaca bendera di halaman Museum Purbakala Provinsi Gorontalo, Sabtu (01/06/2019).

Dalam sambutan tertulis, melalui pemimpin upacara (Idris Rahim), Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI mengungkapkan, kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air Indonesia”.

Ia juga menyampaikan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi yang harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Di akhir sambutan Ketua BPIP RI, Idris Rahim mengajak kepada seluruh pihak untuk menjadikan pancasila sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Upacara yang dipimpin langsung Wakil Gubernur Gorontalo itu, diikuti seluruh jajaran Forkopimda Provinsi Gorontalo, bupati/walikota, TNI-POLRI dan juga anak-anak pramuka. (adv/rls)