Hasil Pertanian Lokal Diharap Bisa Jadi Komoditas Utama Masyarakat Daerah

  • Whatsapp
Anggota DPRD Kota Gorontalo, Darmawan Duming. (Foto: Humas)

60DTK, Kota Gorontalo – Hasil pertanian lokal harus jadi komoditas utama oleh masyarakat Gorontalo, khususnya di wilayah Kota Gorontalo. Hal tersebut ditekankan oleh Anggota DPRD Kota Gorontalo, Darmawan Duming.

Menurut Darmawan, pemanfaatan hasil pertanian lokal tersebut sangat penting bagi para petani. Sebab dengan begitu, mereka akan dengan mudah melakukan pemasaran dan ekonomi mereka juga terus terjaga.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Daripada kita impor, lebih bagus kita memanfaatkan hasil pertanian dari para petani kita,” ujar Darmawan, Sabtu (24/09/2022).

Meski warga Kota Gorontalo sebagian besar bukan berprofesi sebagai petani, Darmawan tetap meminta pemerintah daerah setempat supaya tetap memperhatikan nasib para petani yang ada.

Bentuk perhatian yang Ia maksud antara lain alokasi anggaran melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) setiap tahunnya, serta persediaan stok bibit, pupuk, dan obat-obatan hama yang dibutuhkan para petani.

“Saya berharap kepada pemerintah agar para petani ini benar-benar kita lindungi. Bibit unggul harus tersedia dengan harga yang murah, pupuk tersedia dan bisa diangkut,” ujarnya.

Selain itu, Ia juga berharap agar para pemangku kepentingan khususnya dinas-dinas terkait dapat menjamin pemasaran produk pertanian yang dihasilkan oleh petani.

“Selama ini kita lihat mereka (petani) sudah susah payah bertani kemudian mendapatkan hasilnya, tetapi yang lebih mendapatkan keuntungan itu adalah pihak lain,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait