HB. Jassin akan diusulkan sebagai Pahlawan Nasional

  • Whatsapp
HB. Jassin akan diusulkan sebagai Pahlawan Nasional
Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim (kanan) memimpin pertemuan dengan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) di ruang kerjanya, Rabu (26/1/2022). Foto: Haris.

60DTK, Gorontalo – Almarhum Hans Bague (HB) Jassin akan diusulkan sebagai Pahlawan Nasional. Pengusulan ini akan dilakukan bersamaan dengan dr. Aloei Saboe yang masuk dalam delapan besar tokoh yang akan memperoleh gelar.

Anggota Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD), Muhammad Isman Jusuf menjelaskan, dari delapan tokoh yang diajukan tersebut, hanya empat yang dipilih untuk menjadi Pahlawan Nasional.

Bacaan Lainnya

“Karena itu merupakan hak prerogatif presiden. Namun sesuai amanat undang-undang, daerah dapat mengusulkan kembali pahlawan itu tahun berikutnya,” jelas Irman usai bertemu dengan Wakil Gubernur Idris Rahim, Rabu (26/1/2022).

Kedua nama itu lanjut Irman, merupakan usulan dari Dinas Sosial Kota Gorontalo, dan Kabupaten Bone Bolango. Ia mengatakan, kedua nama ini nantinya akan diusulkan menjadi Pahlawan Nasional tahun ini.

Menanggapi hal ini, Idris Rahim meminta TP2GD bersama dinas terkait untuk secepat mungkin menyiapkan dan menyelesaikan berbagai dokumen yang dipersyaratkan. Untuk dr. Aloei Saboe, persyaratan dan dokumen sudah lengkap menggunakan hasil kajian dan kumpulan data tahun kemarin.

“Untuk HB, Jassin kekurangannya harus segera kita lengkapi adalah biografinya dan pelaksanaan seminar nasional. Kita berpacu dengan waktu, karena batas akhir pengusulan pada 31 Maret 2022,” tukas Idris.

Pos terkait