Hindari Kerusakan Saat Buka Lahan Pertanian, Ini Solusi Dari DKP Gorut

  • Whatsapp
Salah satu lahan yang menerapkan sisstem agroforestri. (Foto: Istimewa)

60DTk, Gorontalo Utara – Untuk menghindari rusaknya lahan yang diakibatkan oleh banyaknya aktivitas pembukaan lahan pertanian, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu meminta masyarakat untuk dapat melakukan proses penanaman menggunakan sistem agroforestri, atau sistem pertanian tanaman pangan dan tanaman kehutanan yang ditanam dalam lahan yang sama.

Menurutnya, agroforestri ini dapat membantu mengoptimalkan penggunaan lahan pertanian sehingga bisa memberikan kebutuhan hidup yang sangat baik bagi para petani itu sendiri.

Bacaan Lainnya

“Kalaupun membuka lahan di atas kemiringan 45 derajat ke atas, itu kita selingi dengan cara agroforestri, mulai dari menanam tanaman tahunan agar tidak terjadi longsor,” jelas Ilyas, Kamis (24/02/2022).

Salah satu lahan yang menerapkan sisstem agroforestri. (Foto: Istimewa)

Ilyas pun mengatakan, selain bermanfaat bagi para petani, sistem agroforestri ini berguna untuk mempertahankan fungsi hutan dalam mendukung daerah aliran sungai (DAS), mengurangi konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer, serta mempertahankan keanekaragaman hayati.

“Jadi manfaatnya itu sangat banyak, tidak hanya kepada manusia saja, tetapi juga terhadap kesehatan bumi kita,” tegasnya. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait