Idris Rahim Buka Seminar Pengusulan Pahlawan Nasional H.B Jassin

  • Whatsapp
Idris Rahim Buka Seminar Pengusulan Pahlawan Nasional H.B Jassin
Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim memberikan sambutan pada Seminar Nasional pengusulan H.B Jassin sebagai Pahlawan Nasional dari Provinsi Gorontalo secara virtual di ruang kerjanya di Gubernuran Gorontalo, Selasa (22/2/2022). Foto: Gusti.

60DTK, Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim membuka Seminar Pengusulan Pahlawan Nasional Hans Bague (HB) Jassin yang berlangsung virtual, Selasa (22/2/2022) di Ruang Kerjanya.

“Tahun ini Pemerintah Provinsi Gorontalo mengajukan almarhum H.B Jassin sebagai Pahlawan Nasional. Seminar nasional ini untuk memenuhi amanah Undang-Undang 20 Tahun 2009 tentang Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan sebagai salah satu syarat pengusulan Pahlawan Nasional,” jelas Idris.

Bacaan Lainnya

Idris mengatakan, H.B Jassin sangat layak ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional karena jasa-jasanya yang sangat besar, serta tidak hanya diakui oleh masyarakat dan bangsa Indonesia, tetapi juga oleh dunia internasional.

Idris berharap, melalui seminar tersebut akan diperoleh pandangan dan pembuktian kesejarahan bahwa sastrawan yang dijuluki “Paus Sastra Indonesia” itu layak dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

“Almarhum H.B Jassin sungguh layak dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, karena kiprahnya di bidang kritik dan dokumentasi sastra yang mendunia. Sejak tahun 1939, almarhum juga berjuang dengan konsisten, penuh pengorbanan, gigih dan berintegritas moral, serta berintelektual dalam membesarkan beradaban Indonesia di bidang sastra, kebudayaan, dan literasi,” ungkap Idris. (ksm/rls)

Pos terkait