Ijazah SMK Bukan Jaminan Untuk Mendapatkan Pekerjaan.

60DTK  – Gorontalo: Para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus mengantongi Sertifikasi Profesi dalam mencari atau mendapatkan Pekerjaan.

Pasalnya ijazah SMK buka lagi jaminan untuk langsung mendapatkan Pekerjaan nanti, dan ini berlaku untuk semua jurusan di SMK.

Ulul Azmi Kadji selaku Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo mengatakan dokumen sertifikasi tersebut hanya diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lembaga tersebut, berada di pusat.

“Untuk Daerah-daerah bisa dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Dan saat ini di Gorontalo belum ada LSP. Di Sulawesi sendiri baru ada di Makasar”. Ujar Ulul.

pemuda

Ia pun menilai bahwa pada situasi saat ini dunia usaha sedang maju dan pasti membutuhkan pekerja untuk mengisi kekosongan karyawan mereka. Tapi, untuk lulusan SMK sendiri ijazah mereka tidak mutlak untuk mendapatkan pekerjaan.

“Ijazah yang dimiliki SMK itu tidak mutlak, harus punya sertifikasi profesi sebagai jaminan atau garansi untuk terjun ke dunia usaha. Ini fardu ain, dan tidak mengandalkan ijazah”Ungakapnya.

Ulul mengungkapkan pada awal tahun 2019 nanti, seperti informasi yang tengah beredar di masyarakat bahwa di Gorontalo akan dibangun sebuah Mall. Dan hal ini tentunya akan membutuhkan para pekerja dan membuka lowongan pekerjaan sebesar-besarnya di provinsi Gorontalo.

“Tentunya pembangunan ini akan mendorong rekrutmen para pekerja, dan kita memprioritaskan putra/putri Gorontalo. Tapi dengan kendala sertifikasi profesi, itu pun akan menjadi hambatan”.

Ulul berharap agar sertifikasi profesi ini lebih di tangani serius lagi, misalnya kepemilikan sertifikasi profesi ini diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja.

“OPD harus mendorong dan menseriusi kembali terkait kondisi sekarang ini. Bukan hanya cenderung pada urusan lain, namun hal urgen seperti ini di harapkan lebih diperhatikan”. (rds/zm).

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles