Indra Yasin: Tugas Kepsek Sama Halnya Dengan Manajer di Perusahaan

  • Whatsapp
Bupati Gorut, Indra Yasin. (Foto: dok. 60dtk)

60DTK, Gorontalo Utara – Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin menyebut bahwa peran kepala sekolah (kepsek) sama halnya dengan fungsi dari seorang manajer atau pimpina dalam sebuah perusahaan.

Baca juga: Tiga Belas Aset Infrastruktur Resmi Jadi Milik Pemkab Gorut

Bacaan Lainnya

“Mereka bertindak sebagai manajer di sekolah. Nah, sebagai manajer dia harus menguasai ilmu bagaimana mengatur sekolah yang dipimpinnya dengan baik, tentu ini sangat penting bagi setiap kepsek, yang pertama, saya sudah sampaikan tadi, yang di-manage tentu SDM-nya, baik itu guru, staf, dan tentu para siswa itu sendiri,” terang Indra, Senin (15/11/2021).

Bupati Gorut, Indra Yasin saat memberikan sambutan di salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (15/11/2021). (Foto: Humas Gorut)

Tidak hanya itu saja, kepala sekolah juga harus mampu mengelola seluruh fasilitas yang ada di sekolah itu dengan baik, agar para siswa maupun guru yang ada merasa nyaman selama menjalankan aktifitas di sekolah.

“Setiap aset-aset sekolah juga harus di-manage, apakah aset bergerak ataupun tidak bergerak, yang ketiga, harus mampu me-manage surat menyurat atau administrasi. Kalau kita tidak manage ini kita akan kesulitan, barangkali satu surat bisa berbulan-bulan baru direspons kalau itu tidak di-manage dengan baik,” tambahnya.

Baca juga: Teken Kerja Sama dengan Hotel Aston Manado, Ini Harapan Indra Yasin

Ke depan Ia pun berharap dengan adanya pendampingan tata kelola manajemen berbasis sekolah (MBS) ini, pengelolaan sekolah yang ada di Gorut, baik SD maupun SMP akan semakin baik.

“Sehingga penataan sekolah ke depan akan semakin berkualitas, terutama di dalam me-manage sekolah itu sendiri,” tukas Indra. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait