Ingin Dapat Gelar Magister Pendidikan Dasar? Daftar di Universitas Terbuka

60DTK, Kota Gorontalo – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia setiap tahunnya terus mencatatkan pertumbuhan yang cukup baik. Hanya saja, jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat 6, di bawah Filipina dan di atas Vietnam.

Sementara secara global, IPM versi UNDP atau yang lebih dikenal dengan Human Development Index (HDI), Indonesia berada di posisi 111, dari 189 negara.

IPM sendiri juga berkaitan erat dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM), seperti peningkatan kualitas sistem pendidikan. Pada bidang pendidikan ini, usaha peningkatan SDM dilakukan dari tingkat dasar hingga yang tertinggi.

Baca Juga: Pemkab Gorontalo Verifikasi Kelayakan Sekolah Yang Bisa Belajar Tatap Muka

Dalam mendukung pengembangan SDM itu, Universitas Terbuka memiliki Program Magister Pendidikan Dasar (MPDr). Melalui program tersebut, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis, merancang, menggunakan dan mengevaluasi penggunaan berbagai model pembelajaran inovatif dan interaktif pada pendidikan dasar.

Bukan itu saja, mahasiswa juga diharapkan mampu mengkaji berbagai faktor yang mempengaruhi kebijakan pendidikan dan pengembangan kurikulum serta penerapannya pada pendidikan dasar.

Program MPDr di Universitas Terbuka hanya menawarkan layanan reguler (minimal 20 orang atau satu kelas), dan tidak menawarkan program online (per orangan). Sementara untuk pembelajaran, diselenggarakan dalam bentuk kombinasi belajar mandiri, pembelajaran tatap muka dan online.

Baca Juga: Heboh!!!Masyarakat Tolinggula Temukan Hiu Paus

Terkait biaya SPP, untuk Magister Pendidikan Dasar di Universitas Terbuka sebesar Rp 9.350.000,00 per semester. Biaya tersebut meliputi layanan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB), layanan administrasi akademik, bahan ajar cetak, Transkrip sementara, Tutorial Online (Tuton), Bimbingan Tesis Residensial (BTR), UAS, wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah (UPI)/Penyerahan Ijazah (PI).

Program Magister Pendidikan Dasar di Universitas Terbuka memiliki ijin dengan SK Mendikbud No. 444/E/O/2014, dan sudah mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pendaftaran mahasiswa baru Pascasarjana Universitas Terbuka akan dibuka sampai dengan 2 Oktober 2020. Untuk lebih jelas silahkan datang ke Kampus UT Gorontalo atau di laman UT Gorontalo www.gorontalo.ut.ac.id atau hubungi Pelma UT Gorontalo 0821-8900-4878.

 

 

Sumber: Hulondalo.id

Pewarta: Andrianto S. Sanga