Ini Dia Penyebab Banjir yang Sering Terjadi di Gorut

  • Whatsapp
Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Biau, Kabupaten Gorontalo Utara, Minggu (12/9/2021). (Foto: dok. 60dtk)

60DTK, Gorontalo Utara – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ilyas Lagarusu mengungkapkan beberapa penyebab sering terjadinya banjir di wilayah Gorut,

Permasalahan pertama disebutkan karena kurangnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya melakukan upaya menjaga lingkungan agar tetap asri.

Bacaan Lainnya

“Pertama itu kurangnya kesadaran masyarakat terkait dengan proses mereka menjaga kelestarian lingkungan,’’ beber Ilyas, Senin (28/02/2022).

Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Biau, Kabupaten Gorontalo Utara, Minggu (12/9/2021). (Foto: dok. 60dtk)

Berikut juga, banjir sering terjadi karena banyaknya masyarakat yang sering melakukan pembukaan lahan pertanian pada kemiringan yang sudah melewati batas.

“Itu juga menjadi penyebabnya, lahan yang sudah gundul, pada saat musim penghujan sudah tidak ada lagi pohon-pohon yang dapat menyerap air, sehingga mengakibatkan air mengalir langsung dan akhirnya bisa menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor,” tambahnya.

Terkahir kata Ilyas, permasalahan banjir ini bisa saja teratasi jika seluruh masyarakat bisa sadar dan mau membantu pemerintah dalam mengatasinya.

“Semua ini butuh kerja sama, kalau kita saling bahu-membahu menyelesaikan persoalan sampah ini, tentu sedikit demi sedikit permasalahan yang ada bisa segera teratasi dengan baik,” tegasnya. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait