Ini Manfaat Pembangunan Kanal Banjir di Tanggidaa

  • Whatsapp
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat memenrikan sambutan pada kegiatan pencanangan pembangunan kanal banjir Tanggidaa di Kota Gorontalo, Rabu (18/05/2022). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

60DTK, Gorontalo – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha mengungkapkan bahwa pembangunan kanal banjir Tanggidaa sepanjang 1,7 km di Kota Gorontalo ke depannya akan memberi banyak manfaat bagi masyarakat.

Beberapa manfaat tersebut di antaranya bisa menjadi jalur transportasi perahu, juga akan membantu meminimalisasi risiko banjir.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Selain untuk penunjang transportasi, irigasi, dan tujuan wisata, kanal juga berfungsi sebagai pengendali banjir yang ada,” ungkap Marten, Rabu (18/05/2022).

Ia pun membeberkan, dana yang digunakan untuk membangun kanal itu berasal dari dana yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui dana pinjaman daerah untuk pemulihan ekonomi nasional.

“Nilai untuk pembangunan kanal ini sudah melalui proses tender sebesar Rp33 miliar rupiah, dengan pemenang tendernya PT Multi Global Konstrindo yang berkantor di Makassar,” jelasnya.

Untuk itu, pihak kontraktor diharapkan mampu memperhatikan kemajuan pengerjaan proyek tersebut, mengingat proses pengerjaannya yang cukup memakan waktu lama.

“Kepada pihak kontraktor agar selalu senantiasa memperhatikan kemajuan pekerjaan, karena pelaksanaan kegiatan ini akan memakan waktu yang panjang, sehingga perlu dilakukan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan yang cukup parah, mengingat pengerjaan proyek ini berada di Jalan Hos Cokroaminoto yang berdampingan dengan pekerjaan penataan Jalan Nani Wartabone yang sementara berlangsung saat ini,” terangnya panjang lebar. (adv)¬†

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait