Ini Saran DPRD Agar Prestasi dan Kinerja Pemkot Gorontalo Lebih Maksimal

  • Whatsapp
Suasana rapat paripurna dalam rangka penyampaian pendapat akhir fraksi terhadap ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Gorontalo tahun anggaran 2022. Rapat ini berlangsung di Aula I Kantor DPRD Kita Gorontalo, Senin (11/07/2022). (Foto: Andi 60dtk)

60DTK, Kota Gorontalo – DPRD Kota Gorontalo memberikan sejumlah saran agar prestasi dan kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo semakin maksimal di waktu mendatang.

Beberapa saran dari lembaga legislatif tersebut disampaikan melalui rapat paripurna dalam rangka penyampaian pendapat akhir fraksi terhadap ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Gorontalo tahun anggaran 2022, Senin (11/07/2022).

Bacaan Lainnya

“Predikat opini WTP yang diraih Kota Gorontalo sebanyak delapan kali merupakan prestasi yang patut diapresiasi. Namun, prestasi ini jangan hanya jadi hal yang dibanggakan, tapi perlu dipertahankan dengan meningkatkan kinerja,” ujar Anggota Banggar DPRD Kota Gorontalo, Andi Helda N. Nyiwi.

DPRD juga meminta pemerintah daerah meningkatkan lagi pelaksanaan APBD Kota Gorontalo di tahun mendatang, dengan mempertimbangkan rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Gorontalo atas pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) yang diterima sebelumnya.

“Perlu juga ketegasan dari pimpinan OPD untuk memerintahkan seluruh perangkatnya lebih bekerja maksimal dalam menuntaskan seluruh program sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha mengatakan bahwa saran DPRD Kota Gorontalo menjadi motivasi bagi jajaran pemerintah dalam memperbaiki bahkan lebih meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan ke depan.

“Karena ini juga saya menyerukan perlunya kesungguhan semua pihak agar melihat kegiatan tidak hanya sebatas ketentuan administrasi. Yang sangat penting adalah memonitoring secara berlanjut untuk jadi bahan evaluasi secara objektif atas kelemahan dan kekurangan yang perlu disempurnakan,” ujar Marten.

“Jangan hanya sekadar melihat jumlah anggaran yang terserap, tapi sejauh mana pelaksanaan program dan kegiatan menyentuh masyarakat sebagai penerima manfaat,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak DPRD Kota Gorontalo yang telah meluangkan waktu membahas Ranperda Pelaksanaan APBD Kota Gorontalo tahun 2022.

“Kami menyadari rekomendasi ini mencerminkan perhatian yang tinggi terhadap kinerja kami baik yang terkait dengan keberhasilan maupun kekurangan selama menjalankan roda pemerintahan,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait