Ishak Liputo Hadiri Penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada JK di ITB

60DTK – Bandung : Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Gorontalo Ishak Liputo, menghadiri undang Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk penganugerahan Doktor Honoris Causa kepada Jusuf Kalla (JK), Senin (13/01/2020).

Diketahui, undangan tersebut tidak lepas dari kedekatan Ketua PMI Gorontalo itu dengan sosok yang akrab disapa JK,  yang juga selaku Ketua Umum Palang Merah Indonesia.

Dalam laporan pertanggungjawaban akademiknya, Tim Promotor memaparkan bahwa JK layak menyandang gelar doktor tersebut sebagai penghormatan atas inovasi peningkatan produktivitas sebuah sistem. Baik pada sistem pemerintahan maupun perusahaan (swasta).

Empat contoh kongkrit inovasi yang dilakukan JK dapat dilihat pada konversi minyak tanah menjadi LPG, Bantuan Langsung Tunai, pembangunan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar serta pada PT. Bukaka Teknik.

Sementara itu, JK dalam pidatonya yang berjudul “Mendorong Produktivitas, Meningkatkan Kesejahteraan Bangsa” menyebut, kunci kemakmuran suatu bangsa ialah semangat dan produktivitas.

Negara dengan produktivitas yang tinggi lanjut JK, akan mampu memproduksi barang dan jasa yang melebihi selisih yang diproduksi dan konsumsi untuk meningkatkan merek. Selain itu, juga melakukan investasi dalam mendongkrak produktivitas dan kemakmuran ke taraf yang lebih tinggi.

Pada kesempatan itu juga, Ishak Liputo menyampaikan selamat kepada JK atas Gelar Doktor Honoris Causa yang Ia sandang. (rls)

Penulis : Kasim Amir