Jalur Pendakian Gunung Semeru Sudah Dibuka!

60DTK-NASIONAL – Setelah mengumumkan penutupan kegiatan pendakian Gunung Semeru sejak tanggal 3 Januari 2019 silam, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali mengumumkan pembukaan jalur pendakian Gunung Semeru melalui siaran pers, Kamis (9/05/2019).

Melalui siaran pers tersebut, pihak TNBTS mengumumkan bahwa jalur pendakian Gunung Semeru akan mulai kembali dibuka pada tanggal 12 Mei 2019 mendatang.

Baca juga : Dinas Pariwisata Siapkan 275 Orang Kembangkan Pariwisata Gorontalo

Hal ini diumumkan berdasarkan hasil rapat Koordinasi Pendakian Gunung Semeru, Balai Besar TNBTS pada tanggal 24 April 2019 di Warung Apung Pondok Asri, Jl. Soekarno Hatta, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Meski begitu, pihak TNBTS menekankan, meski sudah ada pengumuman resmi terkait pembukaan jalur pendakian Gunung Semeru, tetap ada beberapa catatan yang harus diperhatikan.

Yang pertama, batas aman pendakian yang direkomendasikan oleh Pos Pengamatan Gunung Api Gn. Semeru – Gunung Sawur, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi adalah sampai batas Kalimati.

Yang kedua, para pihak berkewajiban melakukan koordinasi dalam menciptakan zero accident dan zero waste di Gunung Semeru, sesuai kewenangannya masing – masing.

Dengan adanya pengumuman ini, maka pengumuman Kepala Balai Besar TNBTS pada tanggal 26 Desember 2018 silam tentang penutupan pendakian Gunung Semeru, dinyatakan tidak lagi berlaku.

 

Pewarta : Nikhen Mokoginta

Comments are closed.