Jangan Salah, Pria juga Beresiko Kanker Payudara

  • Whatsapp
Ilustrasi kanker (foto: pixabay)

60DTK-KESEHATAN: Kadang orang berfikir jenis penyakit ini identik dengan wanita. Meski sangat langka, pria juga beresiko terkena penyakit kanker payudara.

Organisasi amal pendukung kanker Macmillan, pria masih mempunyai jaringan payudara seperti wanita pada umumnya. Jaringan ini tetap ada sampai masa puberitas timbul. Inilah yang membuat mereka rentan terhadap resiko kanker payudara.

Bacaan Lainnya

Seperti halnya dengan Inggris, Lembaga penelitian Cancer Research UK mengungkap setidaknya terdapat 390 pria didiagnosa terkena kanker payudara disetiap tahunnya. Sedangkan wanita sebanyak 54.800 orang.

Menurut Breast Cancer Care Dikutip dari kompas.com (21/10/2018), ciri ciri kanker payudara yang dialami oleh pria diantara mencakup gejala seperti cairan yang keluar dari puting. Di sisi lain, puting akan lebih sensitif dari sebelumnya, terjadi pembengkakan di area dada seperti bisul, dan kelenjar getah bening pada ketiak.

Bagaimana cara mengobati kanker payudara yang di alami oleh pria ?

Breas Health UK, pria yang didiagnosa menderita kanker payudara harus menjalani mastektomi atau mengangkat tumor kanker dan sebagian kecil jaringan payudara. Langkah ini harus diikuti dengan perawatan radioterapi di area dada untuk menyingkirkan sel kanker yang masih tersisa.

Jangan sampai terlambat untuk melakukan diagnosa, ini bisa mengancam kelangsungan hidup yang menderita penyakit ini serta proses penyembuhan jangka panjang akan mungkin tidak bisa dilakukan. (amr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan