Jangkauan Pelayanan Air Perumda Tirta Limutu Diklaim Bakal Lebih Luas

  • Whatsapp
Potret reservoir yang dibangun oleh Bank Dunia di Instalasi Pengolahan Air Perumda Tirta Limutu. (Foto: Andi 60dtk)

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Jangkauan pelayanan air bersih oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Limutu, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Gorontalo, diklaim bakal lebih luas.

Hal itu didukung dengan adanya reservoir yang kini telah selesai dibangun di instalasi pengolahan air Perumda Tirta Limutu, tepatnya berada di Kelurahan Biyonga, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Tempat penampungan air tersebut dibangun oleh Bank Dunia dengan anggaran yang besar, kurang lebih Rp20 miliar. Ukurannya yang cukup luas membuat reservoir ini disebut-sebut dapat menampung sekitar 1000 kubik air bersih.

“Ini (reservoir) dari Bank Dunia, anggarannya kurang lebih Rp20 miliar. Ini akan membuat aliran air (jangkauan layanan Perumda Tirta Limutu) bisa sampai ke wilayah Telaga,” ungkap Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Kamis (19/01/2023).

“Reservoir ini tinggal memasang listrik, harapan kami sudah bisa dimanfaatkan dalam waktu satu atau dua bulan ke depan,” tambahnya.

Tidak hanya memperluas jangkauan layanan, adanya reservoir ini juga diyakini bakal menambah atau memperbanyak kapasitas penyaluran air ke daerah-daerah pelayanan.

“Bisa dua kali lipat dibanding hari ini. Selama ini hanya 60 liter per detik, nanti bisa jadi 120 liter per detik,” ungkap Bupati Gorontalo dua periode tersebut.

Lebih lanjut, Ia mengingatkan Direktur dan jajaran Perumda Tirta Limutu agar selalu memberikan pelayanan yang maksimal. Kerja sama dengan pamsimas yang ada di setiap desa dan kelurahan.

“Bisnis plannya, SDM, OTK, juga harus dirancang dengan baik,” tandasnya.

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait