Jelang Musrembang, Sekda Kota Gorontalo Tegaskan Pentingnya Partisipasi Masyarakat

  • Whatsapp
Ismail Majid
Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid Memberikan Sambutan pada Rapat Persiapan Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembangda) Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Gorontalo, di Ballroom Hotel Dumhil, Rabu (13/1/2020). Foto: Hendra 60DTK

60DTK, Kota Gorontalo – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Ismail Madjid menegaskan, pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah. Karena dengan adanya dukungan dari masyarakat semua program akan terlaksana sesuai yang ditargetkan.

Sekda mencontohkan, pemerintah akan membuka akses jalan baru, maka masyarakat bersedia untuk memberikan bagian dari tanahnya untuk dibuatkan jalan.

“Kota ini kalau kita lihat dari sisi pertumbuhan ekonomi, dari tahun ke tahun semakin bagus, semakin meningkat. Artinya, bahwa kalau pendapatan masyarakat semakin baik, itu berarti aspek masyarakat untuk berpartisipasi akan mudah kita bangkitkan,” ungkap Ismail Madjid saat sambutan pada Rapat Persiapan Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembangda) Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Gorontalo, di Ballroom Hotel Dumhil, Rabu (13/1/2020).

Baca Juga: Pemkot Gorontalo Buka Tender Proyek yang Tertunda Karena Pandemi

“Misalnya tanah milik pak Tarjo, kalau diminta partisipasi buka jalan satu dua meter, pasti dia kasih itu. Karena kalau jalan ini dibuka pasti tanahnya ada akses, nilainya (jual) akan meningkat, nah pendekatan-pendekatan seperti itu sangat diperlukan pada masyarakat,” tambahnya.

Kata dia, pendekatan dan motivasi kepada masyarakat juga sangat diperlukan. Dimana apabila masyarakat aktif tentu meningkatkan perekonomian.

“Karena Musyawarah perencanaan tingkat kelurahan mempunya satu motivasi kalau memang anggaran yang masuk. Nah disitulah peran kita untuk mendorong, masyarakat bisa berpartisipasi dalam pembangunan Kota Gorontalo,” tegasnya. (adv)

Pos terkait